• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SDN KALIWINING 02 KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Fera Indrawati.pdf (184.1Kb)
    Fera Indrawati.pdf (184.1Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Fefrida Irma Kusumawati
    FERA INDRAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi aktifitas siswa pada kegiatan pra siklus persentase rata-rata aktifitas siswa adalah 63,76% dan tergolong kategori kurang aktif. Hasil observasi yang dilakukan terhadap aktifitas siswa selama siklus I, diketahui bahwa siswa tergolong cukup aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktifitas siswa pada siklus I yaitu 68,99%. Berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa dalam pelaksanaan siklus II menunjukkan siswa tergolong aktif dengan persentase 80,62%. Persentase peningkatan aktifitas siswa dari pra siklus ke siklus I adalah sebesar 60,47%, sedangkan persentase peningkatan aktifitas siswa dari siklus I ke II sebesar 88,37%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktifitas siswa. Hasil belajar siswa kelas VI pada pra siklus yang didapatkan juga rendah dengan nilai paling rendah yang dicapai siswa adalah 45 dan paling tinggi yang dicapai siswa adalah 76, sedangkan nilai rata-rata kelas yaitu 56,51. Hasil belajar pada siklus I masih kurang baik dengan nilai paling rendah yang dicapai siswa adalah 52 dan paling tinggi yang dicapai siswa adalah 80, sedangkan nilai ratarata kelas yaitu 62,51. Pada akhir kegiatan siklus II siswa juga mengerjakan tes formatif untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi yang sudah dipelajari. Hasil belajar pada siklus II semakin meningkat dengan nilai paling rendah dicapai siswa adalah 52 dan paling tinggi yang dicapai siswa adalah 100, sedangkan nilai rata-rata kelas yaitu 74,21. Hasil belajar IPS siswa dengan penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada pokok bahasan Masalah-Masalah Sosial di Lingkungan Setempat ini mengalami peningkatan. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I adalah 67,44%, sedangkan dari siklus I ke siklus II yaitu 93,02%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5299
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository