ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS WISATAWAN PADA OBJEK WISATA OSENG KEMIREN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Jasa
Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Pada Obyek Wisata Oseng
Kemiren”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
dimensi kualitas jasa layanan terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan objek
Wisata Oseng Kemiren Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
wisatawan yang pernah berkunjung ke Wisata Oseng Kemiren-Banyuwangi.
Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah
responden sebanyak 70 orang. Variabel digunakan yaitu sebanyak 7 variabel. Alat
analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa : 1) Ada pengaruh dimensi layanan jasa yang terdiri dari bukti fisik,
kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan wisatawan
pada obyek Wisata Oseng Kemiren – Banyuwangi; 2) Ada pengaruh dimensi
layanan jasa yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan
empati terhadap loyalitas wisatawan pada obyek Wisata Oseng Kemiren –
Banyuwangi; 3) Ada pengaruh kepuasan wisatawan terhadap loyalitas wisatawan
pada obyek Wisata Oseng Kemiren – Banyuwangi.