• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SUB POKOK BAHASAN PENGURANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 AMBULU – JEMBERSEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Iin Maristyani - 080210204028_1.pdf (1.589Mb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Iin Maristyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas V SDN Karanganar 01 mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan pecahan meskipun soal yang diberikan adalah soal cerita yang sederhana. Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Suharjo (2005) bahwa sebagian besar siswa mengalami kesalahan dalam memahami: apa yang ditanyakan, bagaimana cara merumuskan kalimat matematika dan apa jawaban soal itu. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah persentase kesalahan yang dilakukan siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Ambulu dalam menyelesaikan soal cerita sub pokok bahasan pengurangan pecahan ditinjau dari aspek menentukan hal yang diketahui, menentukan hal yang ditanyakan, membuat kalimat matematika, melakukan komputasi dan interpretasi jawaban soal dan apa sajakah faktor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Ambulu-Jember dalam menyelesaikan soal cerita sub pokok bahasan pengurangan pecahan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimanakah persentase kesalahan yang dilakukan siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Ambulu dalam menyelesaikan soal cerita sub pokok bahasan pengurangan pecahan ditinjau dari aspek menentukan hal yang diketahui, menentukan hal yang ditanyakan, membuat kalimat matematika, melakukan komputasi dan interpretasi jawaban soal dan apa sajakah faktor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Ambulu-Jember dalam menyelesaikan soal cerita sub pokok bahasan pengurangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa instrumen yang digunakan reliabel (0,825) dan valid. Validitas yang digunakan adalah validitas dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian diketahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sub pokok bahasan pengurangan pecahan yaitu: 1) kesalahan menentukan hal yang diketahui (53,84%), yaitu: a) tidak teliti atau tidak lengkap dalam menentukan informasi yang diketahui (42,30%), b) tidak menuliskan informasi yang diketahui (11,54%), penyebabnya adalah siswa tidak teliti dalam membaca soal dan ttidak paham cara memilah hal yang diketahui pada soal, 2) kesalahan menentukan hal yang ditanyakan (25,38%), yaitu: a) tidak teliti dalam menentukan informasi yang diketahui (16,92%), b) tidak menuliskan informasi yang diketahui (8,46%), penyebabnya adalah Siswa tidak terbiasa menuliskan informasi yang ditanyakan dan tidak paham cara memilah hal yang diketahui pada soal, 3) kesalahan membuat kalimat matematika (17,7%), penyebabnya adalah siswa jarang berlatih mengerjakal di rumah dan tidak paham dengan cara menterjemahkan kalimat dalam soal kedalam kalimat matematika karena bahasa yang dikuasai siswa kurang memadai, 4) kesalahan menuliskan komputasi (56,92%) terjadi karena siswa tidak paham dalam perhitungan dan kesalahan dalam membuat kalimat matematika, 5) kesalahan menginterpretasikan jawaban (90%), penyebabnya adalah siswa mengerjakan soal dengan tergesa-gesa karena keterbatasan waktu. Faktor penyebab lainnya yaitu siswa mencontoh temannya untuk tidak menuliskan kesimpulan dari soal. Saran-saran yang dapat diberikan: bagi guru, perlu memberikan banyak latihan dan bimbingan dalam menyelesaikan soal cerita; bagi siswa, selalu giat belajar dan berlatih mengerjakan soal cerita; bagi pembaca yang ingin mengadakan penelitian disarankan agar meneliti aspek-aspek kesalahan lain yang mungkin dilakukan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5218
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository