PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJAR AN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA MATERI KOPERASI KELAS VIII DI SMPN 1 PAJARAKAN-PROBOLINGGO TAHUN 2012/2013
Abstract
Perkembangan
TI dewasa ini terjadi sangat cepat dan sangat berpengaruh
terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.
Hal ini terlihat
dengan
diterapkannya media berbasis TI pada saat proses pembelajaran. Media
berbasis TI adalah media yang
menggabungkan antara teknologi informasi dan
komunikasi. Dengan media ini guru dapat menampilkan materi yang akan
disampaikan dengan lebih menarik, sehingga siswa menjadi lebih aktif dan lebih
mudah untuk mempelajari materi. Penelitian ini merupakan penel
itian pengembangan
yang bertujuan untuk menghasilkan produk media sesuai dengan kebutuhan siswa
dan guru dalam pembelajaran ekonomi. Produk tersebut yaitu
Macromedia flash
untuk Materi Pokok – Pokok Perkoperasian Indonesia dan Usaha-Usaha Koperasi.
Tujua
n penelitian dan pengembangan ini untuk mengetahui efektifitas nedia
yang dikembangkan (Macromedia Flash) dalam mencapai tujuan pembelajaran;
efisiensi media yang dikembangkan (
Macromedia Flash) dalam meningkatkan
pemahaman siswa kaitannya dengan waktu yang dimanfaatkan; dan daya tarik media
yang dikembangkan (
Macromedia Flash) meningkatkan minat siswa dalam
pembelajaran
. Hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan media pembelajaran
berbasis TI yang efektif, efisien, dan berdaya tarik bagi siswa dalam
pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan pada materi koperasi di kelas VIII SMPN 1
Pajarakan
-Probolinggo. Penelitian dilaksanakan dengan didahului kegiatan (1)
Pendahuluan, yaitu melakukan kajian teori, analisis kebutuhan kepada siswa dan guru
mata pelajara
n Ekonomi kelas VIII terhadap media yang digunakan, dan merancang
desain produk; (2) Pengembangan melalui kegiatan uji coba kelompok terbatas dan
lebih luas; (3) Uji Produk yang dilaksanakan dengan tahap pengembangan. Populasi
vii
dalam penelitian ini, yaitu s
iswa kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan
VIII F. Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas VIII C,
sedangkan sampel untuk kelas kontrol, yaitu siswa kelas VIII D.
Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode tes, angket,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini, yaitu uji validasi oleh dosen pembimbing sebagai ahli di bidang
pengembangan media berbasis TI dan data secara eksperimental dengan
menggunakan uji
t.
Berdasarkan hasil analisis data, efektivitas
Macromedia Flash dalam
mencapai tujuan pembelajaran dapat diketahui berdasarkan hasil uji t (t
-test). Pada uji
coba kelompok lebih luas, diperoleh nilai | t hitung | > dari t table atau | 6,235 | >
1,999 sehingga dapat disimpulkan bahwa antara nilai posttest kelompok kontrol dan
perlakuan memberikan hasil yang berbeda nyata.
Efisiensi
Macromedia Flash diketahui dari tingkat pemahaman siswa yang
maksimal dengan pemanfaatan waktu yang semakin berkuran
g. Pada uji coba
kelompok lebih luas diperoleh data mengenai alokasi waktu yang digunakan, yaitu
pada kelompok eksperimen sebanyak 2 pertemuan (2×45 menit), sedangkan pada
kelompok kontrol sebanyak 4 pertemuan (2×45 menit) dengan rata
-rata nilai post tes
p
ada kelompok eksperimen sebesar 84,5, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar
76.
Daya tarik
Macromedia Flash diketahui dari minat siswa terhadap
Macromedia Flash
yang dikembangkan. Berdasarkan rekapitulasi hasil angket,
diketahui bahwa siswa menyatakan be
rminat dan senang menggunakan Macromedia
Flash
dalam pembelajaran.
Berdasarkan analisis data hasil ujicoba pada kelompok terbatas dan kelompok
luas yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis
Teknologi Informasi, sesuai untuk mater
i koperasi di SMPN 1 Pajarakan-Probolinggo
Tahun
2012/2013.