ENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI SUSTAINED SILENT READING PADA KELAS III SDN 3 GEMAHARJO TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan pada
pembelajaran Bahasa Indonesia. Membaca adalah aktivitas pembelajaran yang
memerlukan interaksi aktif terhadap bacaan sehingga memperoleh makna dan
pemahaman dari apa yang dibaca baik dalam membaca bersuara atau membaca
dalam hati dengan benar. Kenyataannya pada kelas III SDN 3 Gemaharjo
Trenggalek pemerolehan pemahaman membaca siswa masih rendah karena siswa
membaca bersuara sehingga konsentrasi antar siswa terganggu. Permasalahan di
atas dapat diselesaikan dengan strategi pembelajaran yang mendukung
pembelajaran membaca pemahaman, yaitu dengan strategi Sustained Silent
Reading Rumusan masalah yang digunakan adalah 1)
Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 3 Gemaharjo Trenggalek dengan
subjek penelitian sejumlah 25 siswa, yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 14
siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
Pelaksanaan penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus pembelajaran
terdiri atas 2 pertemuan yaitu pertemuan pertama digunakan untuk tes tulis
sedangkan pertemuan kedua digunakan untuk tes lisan. Sebelum dilaksanakan
posttest pada siklus I dan II, guru memberikan macam-macam cerita dengan
membiasakan siswa memilih sendiri cerita yang ingin dibacanya selama
seminggu. Hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas III SDN 3 Gemaharjo
mengalam peningkatan. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa 72%
Saran untuk guru, hendaknya membiasakan siswa membaca di dalam hati
sehingga siswa lebih berkonsentrasi dan memperoleh pemahaman dari wacana
lebih baik. Selain itu, guru juga harus melatih siswa untuk menceritakan kembali
sesuai pemerolehan pemahamannya selain menjawab pertanyaan. Saran untuk
peneliti lain, apabila akan melakukan penelitian melalui strategi SSR harus
menyiapkan bahan penelitian lebih lengkap dan kreatifitas untuk mendukung dan
mengembangkan strategi ini.