PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA BERDASARKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN RAMBIPUJI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Abstract
Menulis dapat disimpulkan sebagai segenap rangkaian kegiatan seseorang
dalam mengungkapkan gagasan, ide, pikiran dan menyampaikannya melalui bahasa
tulis kepada orang lain agar mudah dipahami. Berdasarkan hasil observasi, dalam
pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam hal menulis cerita siswa kelas III
SDN Rambipuji 02 ditemukan permasalahan yang menghambat tercapainya tujuan
pembelajaran. Pertama, kurangnya minat siswa dalam hal menulis cerita. Kedua,
media yang digunakan guru kurang menarik. Dengan adanya permasalahan tersebut
mengakibatkan rendahnya kemampuan menulis cerita, serta munculnya rasa bosan
pada siswa sehingga mengakibatkan kurangnya semangat belajar siswa.
Permasalahan tersebut didapatkan pada siswa kelas III SDN Rambipuji 02 khususnya
pada Pelajaran Bahasa Indonesia dengan dilakukan observasi pada guru kelas pada
saat proses belajar mengajar.
Dari hasil observasi di atas menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut
berpengaruh terhadapa kurangnya kompetensi siswa dalam menulis. Hasil belajar
siswa dalam menulis cerita pada pra siklus menunjukkan bahwa siswa masih belum
mengalami ketuntasan belajar sebanyak 10 siswa dari 32 siswa keseluruhan. Dengan
adanya permasalahan tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan menulis
karangan siswa, serta munculnya rasa bosan pada siswa sehingga mengakibatkan
kurangnya semngat belajar siswa serta berpengaruh terhadap kurangnya kompetensi
siswa dalam menulis karangan. Dengan demikian, untuk mengatasi masalah tersebut
salah satunya menggunakan media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran
yang dipilih dalam penelitian ini adalah menggunakan gambar seri. Gambar seri ini
merupakan media gambar yang diacak kemudian diurutkan sehingga menjadi satu
cerita yang utuh dan saling berhubungan.
Berdasarkan hasil observasi dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu
bagaimanakah penggunaan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis
cerita pada Siswa Kelas III SDN Rambipuji 02 Jember ? dan bagaimanakah
peningkatan kemampuan menulis cerita setelah dilakukan pembelajaran dengan
menggunakan gambar seri pada siswa kelas II SDN Rambipuji 02 Jember? Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan gambar
seri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pada siswa kelas III SDN
Rambipuji 02 serta untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita setelah dilakukan
pembelajaran dengan menggunakan gambar seri pada siswa kelas III SDN Rambipuji
02 Jember.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilakukan di SDN Rambipuji 02 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Subjek
penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN Rambipuji 02 yang berjumlah 32 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan “Peningkatan
Kemampuan Menulis Cerita Berdasarkan Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN
Rambipuji 02 Tahun Pelajaran 2012-2013“ berjalan dengan baik. Proses
pembelajaran menulis cerita berdasarkan gambar seri yaitu guru memberikan
beberapa gambar yang telah diacak, kemudian siswa mengurutkannya dengan benar
setelah gambar tersebut urut. Setiap gambar siswa diminta untuk membuat kalimat
dengan benar, kemudian kalimat tersebut dibuat menjadi sebuah paragraf sehingga
menjadi sebuah cerita. Aspek yang dinilai dalam penulisan cerita berdasarkan gambar
seri yaitu kesesuaian judul dengan gambar, kesesuaian isi dengan gambar,
penggunaan kata dan tanda baca, pilihan kata dan kerapian tulisan.
Hasil penelitian ini yaitu ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setelah
diadakan tindakan pembelajaran. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I
73% dengan rata-rata skor 72,78 termasuk dalam kategori tuntas. Sedangkan pada
siklus II mencapai 94% dengan rata-rata 78,41 termasuk dalam kategori tuntas.
Saran peneliti, menyarankan agar guru SD untuk selalu berupaya mencari
alternatif terbaik siswanya dalam menyampaikan pembelajaran, khusunya
pembelajaran yang sesuai. Penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat
penting karena dengan adanya media pembelajaran dapat menumbuhkan rasa ingin
tahu dan motivasi pada diri sendiri; untuk siswa agar lebih bersemangat ketika proses
pembelajaran dan mengemukakan idenya agar pengetahuannya bertambah banyak,
tidak perlu malu untuk menyampaikan pertanyaan dan pendapat yang dimiliki; untuk
mahasiswa PGSD, hasil penelitian ini sebaiknya menambah wawasan dalam mencari
solusi dari permasalahan yang dihadapi.