• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINDAK TUTUR ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM WACANA IKLAN PRODUK PT. UNILEVER INDONESIA DI TELEVISI

    Thumbnail
    View/Open
    Yulidasari_1.pdf (373.9Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Yulidasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Iklanmerupakan suatu kegiatan penawaran kepada suatu kelompok masyarakat yang disampaikan secara lisan atau tulis tentang suatu produk, jasa, ide, atau gagasan. Pada dasarnya iklan bersifat membujuk pemirsa dengantujuan menimbulkan hasrat untuk membeli. Banyaknya iklan produk yang ditayangkan memberikan pesan pada khalayak umum, bahwasannya iklan memiliki tujuan untuk memperkenalkan suatu produk. Pilihan kata yang dituturkan para bintang iklan pada isi iklan dapat mempengaruhi khalayak umum. Iklan memiliki keterkaitan dengan kajian tindak tutur sebagai peristiwa berbahasa dalam berkomunikasi antar masyarakat. Tindak tutur sebagai wujud peristiwa komunikasi mempunyai fungsi, mengandung maksud, dan tujuantertentu, sertadapat menimbulkan pengaruh pada mitratutur. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: jenis tindak tutur ilokusi, fungsi tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam wacana iklan produk Unilever dan tanggapan penonton terhadap iklan Unilever di televisi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dibedakanatas jenis tindak ilokusi, fungsi tindak tutur perlokusi dan tanggapan penontonterhadap iklan dari produk Unilever. Informan untuk tanggapan mengenai iklan berupa orang-orang yang pernah menyaksikan iklan produk Unilever di televisi. Jumlah produk Unilever yang diteliti sebanyak 28data, dan jumlah informan sebanyak 8 orang. Lokasi wawancara dilakukan di Banyuwangi. Peneliti menggunakan metode penelitian yang meliputi tiga tahap, yaitu (1) tahap penyediaan data; (2) tahap analisis data; dan (3) tahap penyajian hasil analisis data. Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5094
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2320]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository