• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN TARIF LISTRIK PRABAYAR PLN UPJ JEMBER KOTA

    Thumbnail
    View/Open
    Rhyan Sabria Kharsa Pratama_1.pdf (384.4Kb)
    Date
    2014-03-03
    Author
    Rhyan Sabria Kharsa Pratama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Layanan listrik PLN prabayar adalah layanan yang diberikan oleh PLN untuk membantu seluruh masyarakat Indonesia mengatur pengeluaran listrik per-bulannya. Dalam hal ini PT. PLN (Persero) berharap agar masyarakat dapat mengatur listriknya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanya karena sistem kerja dari layanan listrik PLN prabayar adalah untuk memakai listrik kita terlebih dahulu harus membeli pulsa listrik (token), selain itu pelanggan tidak perlu berurusan dengan pencatatan meter tiap bulannya dan juga pelanggan dapat dengan mudah memantau pemakaian listrik sesuai dengan anggaran belanjanya. Berbeda dengan layanan listrik PLN pascabayar yang harus membayar tagihan listrik di akhir bulan dan tidak bisa mengatur pemakaiannya.Oleh karena itu PT. PLN (Persero) terus meningkatkan kualitas dari layanan listrik PLN prabayar tersebut guna memberikan kemudahan dan kenyaman sehingga mendapatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.Variabel intervening dalam penelitian ini adalah kepuasan dari pelanggan layanan listik prabayar untuk membentuk loyalitas pelanggan, karena loyalitas terbentuk apabila pelanggan merasa puas dengan kualitas yang diberikan oleh layanan listrik PLN prabayar. Penelitian ini menggunakan studi penjelasan (explanatory resech) dan pengumpulan datanya dalam penelitian ini menggunakan penelitian survey yang mengambil sampel dari satu populasi, yang dimana sampelnya berjumlah 110 orang dengan mengunakan metode wawancara dan pemberian kuesioner. Data yang diambil adalah data primer dan sekunder.Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Jalur (Path Analysis).Untuk menganalisis hubungan antara variabel, dimana variabelvariabel bebas mempengaruhi variabel terikat baik secara langsung maupun tidak langsung melalui satu perantara atau lebih perantara.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan layanan listrik PLN prabayar.Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan layanan listrik PLN prabayar.Dan yang terahir adalah kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan layanan listrik PLN prabayar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/50937
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12427]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository