ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI SEPEDA MOTOR HONDA SECARA KREDIT PADA DEALER GARUDA MOTOR DI BANYUWANGI
Abstract
Penelitian yang berjudul “Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi
Konsumen Membeli Sepeda Motor Honda Secara Kredit Pada Dealer Garuda Motor Di
Banyuwangi“ ini bertujuan untuk membandingkan ada tidaknya hubungan antara faktor
demografi (jenis kelamin, status perkawinan, tingkat umur, tingkat pendidikan, tingkat
pendapatan dan jenis pekerjaan) terhadap keputusan pembelian serta mengetahui seberapa
besar hubungan faktor demografi (jenis kelamin, status perkawinan, tingkat umur, tingkat
pendidikan, tingkat pendapatan dan jenis pekerjaan) terhadap keputusan pembelian
produk/sepeda motor Honda pada dealer Garuda Motor secara kredit. Penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif dimana digunakan untuk mengetahui karateristik
demografi konsumen dan membandingkannya dengan atribut-atribut kebutuhan
konsumen untuk mengetahui hubungan antara faktor demografi dengan keputusan
pembelian konsumen menggunakan chi-square dan koefisien kontigensi, sampel yang
dijadikan obyek adalah konsumen yang melakukan pembelian sepeda motor merek
Honda secara kredit yaitu 150 orang, dengan menggunakan wawancara/kuisioner sebagai
alat pengumpul data. Dari hasil uji independen dapat disimpulkan bahwa karakteristik
faktor demografi status perkawinan konsumen berpengaruh terhadap keputusan
pembelian sepeda motor merek Honda pada Dealer Garuda Motor di Banyuwangi
disebabkan kebanyakan dari konsumen merasa bahwa sepeda motor ini sudah cukup
menjadi sarana transportasi keluarga yang efektif dan efisien baik dilihat dari kapasitas
angkut, irit bahan bakar dan praktis dipakai pada jalanan yang ramai serta modis karena
mempunyai banyak pilihan model dan warna sehingga mempermudah kegiatan seharihari
keluarga. Sedangkan urutan prioritas atribut kebutuhan konsumen berdasarkan
tingkat kepentingannya adalah : kwalitas produk, variasi produk, tingkat harga, promosi,
servis dan pelayanan.