• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN GARIS BILANGAN POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    DEVIN ARIFIANTO_080210204014_1.pdf (393.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Devin Arifianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan salah satu cabang ilmu dasar yang peranannya sangat penting sebagai upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika bukanlah ilmu yang hanya untuk dirinya sendiri tetapi ilmu yang bermanfaat untuk sebagian besar ilmu yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari matematika. Pembelajaran matematika di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi di SDN Kebonsari 04 Jember, terdapat permasalahan yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB masih kurang dari kriteria standar ketuntasan belajar yaitu 70 yang telah ditetapkan oleh SDN Kebonsari 04 Jember. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran matematika ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) berbantuan garis bilangan pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB di SDN Kebonsari 04 Jember pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) berbantuan garis bilangan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran matematika pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) berbantuan garis bilangan di SDN Kebonsari 04 Jember. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) berbantuan garis bilangan pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, maka akan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB di SDN Kebonsari 04 Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 40 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari sampai 12 Maret 2012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) berbantuan garis bilangan pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat mengalami peningkatan yang baik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 62,71%. Pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa mencapai 81,46%. Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) berbantuan garis bilangan pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 67,5%. Pada siklus 2 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 82,5%. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu guru harus memperhitungkan waktu yang dibutuhkan atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan garis bilangan dan perlu adanya kontrol yang baik dari guru selama proses pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan garis bilangan karena adanya kegiatan diskusi kelompok serta penentuan untuk aktivitas belajar siswa yang diamati harus sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD itu sendiri.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4889
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository