• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA KOMPETENSI DASAR PERJUANGAN KEMERDEKAAN DI SDN 02 BANTARAN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    DEDY SWANTORO -100210274055 (2)_1.pdf (186.7Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    DEDY SWANTORO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS sudahdiajarkanpadaanak SD mulai dari kelas rendah sampai kelas tinggi. Untuk sebagian siswa pembelajaran IPS terkadang dirasa pelajaran yang sangat membosankan. Hal ini disebabkan karena IPS merupakan suatu ilmu sosial yang didalamnya berisi sejarah perjuangan, letak geografis dan ilmu sosial lain yang menuntut siswa untuk menghafal. MenurutNasrun (2002:21) secara umum hasil belajar diartikan sebagai suatu hasil pekerjaan yang telah dicapai dengan usaha atau diperoleh dengan jalan keuletan bekerja yang dapat diukur dengan alat ukur yang disebut dengan tes. Menurut Djarah, 1994:23 prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar. Penelitian ini dilakukan di SDN 02 Bantaran Kabupaten Probolinggo untuk siswa kelas V pada pelajaran IPS denganmateri perjuangan kemerdekaan dengan jumlah siswa 13 anak. Berdasarkan observasi diketahui bahwa prestasi belajar siswa kelas V SDN 02 Bantaran masih sangat rendah. Untuk hasil pembelajaran pada siklus I masih terdapat 4 anak atau 30,8 % yang nilainya masih dibawah KKM. Hal ini disebabkan karena beberapa hal salah satunya yaitu pembelajaran hanya terpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif. Sehingga pada siklus I ini diadakan remedial pada siswa yang belum tuntas. Tetapi hasil belajar pada tahap remedial masih kurang memuaskan sehingga perlu adanya perbaikan. Media gambar seri adalah cara yang tepatdalam pembelajaran ini. Gambar seri adalah sejumlah gambar yang menggambarkan suasana yang sedang diceritakan dan menunjukkan adanya kesinambungan antara gambar yang satu dengan lainnya. Perbaikan dilakukan pada siklus II, pada siklus ini semua kendala yang terjadi dapat teratasi danhasil belajar siswa semakin meningkat. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswakelas V materi perjuangan kemerdekaan SDN 02 Bantaran Probolinggo.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4851
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository