ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SABUN CREAM (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KECAMATAN WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO)
Abstract
Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui hubungan faktor kualitas,
merek, harga, dan kemasan sabun cream dengan preferensi konsumen dan untuk
mengetahui seberapa besar hubungan antara faktor kualitas, merek, harga, dan
kemasan sabun cream dengan preferensi konsumen. Populasi penelitian dalam
penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso.
Sampel terpilih sebanyak 100 responden. Metode analisis data dengan
menggunakan Chi Square dan koefesien kontingensi. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa ada hubungan faktor kualitas, merek, harga, dan kemasan
sabun cream dengan preferensi konsumen yang diukur dengan jenis sabun yang
dipilih dan frekuensi pembelian dan hubungan antara faktor kualitas, merek, harga,
dan kemasan terhadap preferensi konsumen tergolong kuat dan cukup kuat
sehingga ada keterkaitan antara variabel dengan preferensi konsumen sabun cream.