• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORIAL, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Fadmawati.pdf (329.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Dian Fadmawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, persentase aktivitas siswa ( a p ) = 54,24%, yang tergolong keaktifannya sedang dan persentase ketuntasan belajar sebesar 73,91% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dalam hal ini persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 75%, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus 2. Pada siklus 2, persentase aktivitas siswa sebesar ( a p ) = 73,09%, yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 82,61%, yang tergolong telah mencapai kentuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Ambulu Kabupaten Jember. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan SAVI sebaiknya dapat dijadikan guru sebagai alternatif strategi pembelajaran di kelas, guru harus lebih selektif memilih materi materi yang cocok untuk pendekatan SAVI, agar hasil belajar yang dicapai maksimal maka guru harus mempersiapkan media pembelajaran dan bahan ajar secara tepat, guru lebih memberikan perhatian pada siswa yang kurang memahami materi, guru lebih menguasai empat komponen dalam pendekatan SAVI agar dapat mencapai hasil yang maksimal dan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru dan peneliti lain dalam mengembangkan pembelajaran di kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4805
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository