MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BACAAN CERITA ANAK MELALUI METODE PQRST ( PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Keterampilan mambaca sangat diperlukan dalam dunia modern.
Berdasarkan Kurikulum 1994, salah satu tujuan umum pembelajaran bahasa
Indonesia yang terkait dengan pembelajaran membaca adalah siswa dapat
memahami bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi, serta
menggunakanya dengan tepat untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan
keadaan (
Proses pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan membaca
pemahaman di SDN Kebonsari 04 menunjukkan adanya
membaca pemahaman siswa dipilih metode PQRST. Kehebatan metode PQRST
untuk lebih memahami bacaan . Siswa di ajak untuk memahami isi bacaan lalu
kemudian menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan. Masalah
penelitian ini adalah
viii
membaca pemahaman teks bacaaan cerita anak siswa kelas V SDN Kebonsari 04
Jember setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode PQRST
Penelitian ini memiliki variabel yang terdiri dari kemampuan membaca
pemahaman bacaan cerita anak dan variabel proses yakni metode PQRST. Penelitian
tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pada tahap
siklus I dan II terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Proses
penerapan metode PQRST yang dapat meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman cerita anak siswa adalah dengan cara
Saran yang diajukan yaitu metode PQRST dapat digunakan sebagai
alternatif pembelajaran membaca pemahaman bacaan cerita anak. Sebagai bahan
pertimbangan bagi guru, bahwa dalam proses pembelajaran di kelas hendaknya
memanfaatkan metode dan media pembelajaran yang tepat agar proses belajar
mengajar menjadi lebih menyenangkan sehingga materi akan bisa tersampaikan
dengan hasil yang optimal serta dapat mengurangi rasa kejenuhan atau kebosanan,
karena pembelajaran Bahasa Indonesia biasanya identik dengan pelajaran yang
membosankan. Bagi siswa Sebagai siswa harus lebih mengembangkan daya
berfikir sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bacaan
cerita anak cerita..
Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember
yangg dilaksakan selama semester genap. Subyek penelitian yang di gunakan
adalah seluruh siswa kelas SDN Kebonsari 04 Jember yang berjumlah 48
siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian, penelitian tindakan kelas.
Rancangan penelitian mengacu pada model skema Kurt Lewins