PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN NILAI TEMPAT DENGAN PERMAINAN LOLIPOP DI KELAS II SDN KARANGREJO 02 KECAMATAN SUMBERSARI
Abstract
Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas II SDN Karangrejo 2 semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan media benda( Lolipop ), (2) untuk meningkatkan hasil belajar yang dicapai siswa Kelas II SDN Karangrejo 2 semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan media benda(Lolipop ). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II Semester ganjil SDN Karangrejo 2 tahun pelajaran 2010/2011, siswa di kelas tersebut memiliki nilai hasil belajar yang rendah. Hal ini diketahui dari rata-rata nilai tes formatif dari kelas II. Daerah penelitian ditentukan dengan metode purposif area yaitu SD Negeri Karangrejo 2 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: (1) metode observasi; (2) metode wawancara; (3) metode tes; (4) metode dokumentasi.
Berdasarkan analisal hasil belajar siswa di atas dapat diperoleh data bahwa terdapat 47% siswa sudah tuntas, dan sebanyak 53% siswa belum mencapai ketuntasan dengan rerata 64,72 . Hal tersebut berarti secara klasikal pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar dan perlu dilakukan refleksi untuk selanjutnya dilakukan siklus II. Pembelajaran matematika dengan alat peraga LOLIPOP pada siklus I belum menunjukkan ketuntasan belajar karena siswa belum menunjukkan keaktian yang signifikan. Hal tersebut dapat juga diperhatikan pada grafik aktifitas belajar siswa yang cenderung kurang menunjukkan prosentase sangat aktif dan aktif.