• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN JEMBER LOR 02 MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    BAIQ ABDITYA ROHAINULLAH - 080210204041 (2)_1.pdf (97.74Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    BAIQ ABDITYA ROHAINULLAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pencapaian tujuan pembelajaran IPS harus di dukung dengan kualitas mangajar guru serta peran aktif siswa. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari IPS. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ini adalah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition media video pembelajaran. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan model spiral dari Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari empat fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 36 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa data deskriptif kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi sedangkan analisis data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil tes pada akhir pertemuan Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition Dari hasil penelitian, dirumuskan beberapa saran diantaranya: 1)
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4776
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository