• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SILIRAGUNG - BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Dedy C. Nuryawan.pdf (496.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Dedy Candra Nuryawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 5 Siliragung Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari 22 siswa, yaitu 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data pada hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setelah diadakan tindakan pembelajaran dengan Model inkuiri. Berdasarkan analisis terhadap hasil belajar siswa dalam mengerjakan post-test pada siklus I terdapat 11 siswa yang tuntas belajar yaitu mendapatkan nilai ≥ 60 dan 11 siswa yang tidak tuntas yaitu mendapatkan nilai ≤ 60 dengan persentase ketuntasan klasikal 50%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih dibawah ketuntasan klasikal 60%.Pada siklus II hasil belajar siswa maupun aktivitas siswa mengalami peningkatan. Untuk hasil terdapat 18 siswa yang tuntas belajar yaitu mendapatkan nilai ≥ 60 dan 4 orang siswa yang tidak tuntas belajar yaitu mendapatkan nilai ≤ 60 dengan persentase 81,8%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal, maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan model inkuiri menggunakan media tiga dimensi pada materi energi panas dan bunyi yang terdapat di sekitar serta sifat-sifatnya dapat meningkatkaan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 5 Siliragung Kaupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4753
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository