MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI SISWA KELAS II SDN GEBANG 01 JEMBER
Abstract
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode simulasi untuk
meningkatkan kemampuan berbicara berjalan dengan baik dan mendapat respon
positif dari siswa maupun guru kelas II SD Negeri Gebang 01 Jember. Pembelajaran
kemampuan berbicara dengan menggunakan metode simulasi juga dapat membuat
siswa aktif dan menyenangkan dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan
untuk berbicara dengan ekspresi sebagai tumbuhan. Aktivitas siswa dalam
pembelajaran sangat meningkat, persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada
pembelajaran ini mengalami peningkatan yang awalnya hanya sebesar 40% menjadi
100%.
Atas dasar kesimpulan hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti
sampaikan adalah guru sekolah dasar kiranya dapat memanfaatkan pembelajaran
kemampuan berbicara dengan menggunakan metode simulasi sebagai salah satu
alternatif teknik pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran
dan para peneliti di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan
menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga didapat berbagai alternatif
teknik pembelajaran kemampuan berbicara.