PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK BUZZ GROUP DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KERTOSARI 01 JEMBER POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase aktivitas siswa
pada pembelajaran I sebesar 57,67%, pada pembelajaran II sebesar 64,55%, pada
pembelajaran III sebesar 84,52% dan pada pembelajaran IV sebesar 85,31%.
Berdasarkan data tersebut aktivitas siswa mengalami peningkatan dari
pembelajaran I (siklus I) sampai pembelajaran IV (siklus II). Persentase aktivitas
guru juga mengalami peningkatan dari pertemuan I (siklus I) sampai pertemuan
IV (siklus II) yaitu pada pembelajaran I adalah 88,63%, pada pembelajaran II
adalah 93,18%, dan pada pembelajaran III dan IV adalah 100%. Pengelolaan
kelaspun mengalami peningkatan dari pembelajaran I (siklus I) sampai
pembelajaran IV (siklus II). Skor pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari
pembelajaran I sampai pembelajaran IV semakin baik, ditinjau dari skor yang
didapat pada setiap pembelajaran dengan kategori sangat baik.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
penerapan pembelajaran cooperative teknik buzz group dengan pendekatan
kontekstual berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari
meningkatnya aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran.