• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SPICS (STUDENT CENTERED, PROBLEM BASED, INTEREST, CONFIDENT AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) DAN HASIL BELAJAR (SISWA KELAS X MAN 2 SITUBONDO)

    Thumbnail
    View/Open
    Sulistianingsih.pdf (258.5Kb)
    Sulistianingsih.pdf (258.5Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Sulistianingsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa disekolah atau dimadrasah merupakan individu yang sedang dalam proses perkembangan. Siswa yang dalam proses perkembangan tentu mempunyai banyak masalah yang dihadapinya baik masalah pribadi, sosial maupun akademik dan masalah-masalah lainnya. Dalam proses pembelajaran khususnya biologi, guru harus memiliki strategi mengajar yang baik agar siswa dapat belajar secara aktif dan efektif. Strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan metode belajar yang berbeda dan menciptakan kondisi tertentu yang dapat membangkitkan kenyamanan dalam belajar sehingga dapat meningkat hasil belajar. Disisi lain guru biologi jarang menggunakan model pembelajaran terutama pada pokok bahasan ekosistem, sehingga kecakapan siswa siswa berkurang. Kondisi seperti itu dapat menimbulkan kejenuhan bagi siswa karena pembelajaran yang disajikan kurang menarik sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar dan tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecakapan sosial (social skill) dan hasil belajar (siswa kelas X MAN 2 Situbondo) dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran SPICS (student centered, problem based, interest, confident and satisfaction). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (a) tahap observasi; dan (b) tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan model SPICS (student centered, problem based, interest, confident and satisfaction) dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok dalam setiap siklus adalah: perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, refleksi atau reflecting. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran SPICS (student centered, problem based, interest, confident and satisfaction) pada siswa kelas X.3 semester Genap 2011-2012 di MAN 2 Situbondo dalam kecakapan social (social skill). Dalam angket Social skill ini ada tiga aspek yaitu kecakapan komunikasi lisan, komunikasi tertulis dan bekerjasama. Pada siklus I komunikasi lisan untuk rata-rata siswa adalah 30 sedangkan siklus II yaitu 47,5. Dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebanyak 17,5. Untuk komunikasi tertulis siklus I yaitu 27,5 mengalami kenaikan sebanyak 16 sehingga pada siklus II adalah 43,3. Sedangkan bekerjasama untuk siklus I yaitu 40 dan siklus II 52,5 mengalami kenaikan sebanyak 12,5. Sedangkan untuk hasil belajar siswa aspek yang dinilai adalah aspek kognitif dari siklus I sampai dengan siklus II dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 70,1 pada siklus II sebesar 73,3 dengan besar peningkatan 3,2. Sedangkan untuk ketuntasannya mengalami kenaikan 17,5 % dari siklus 1 sebesar 62,5% pada siklus II sebesar 80,0%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam penerapan Model Pembelajaran SPICS (student centered, problem based, interest, confident and satisfaction) pada siswa kelas X.3 semester Genap 2011-2012 di MAN 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajranSPICS (student centered, problem based, interest, confident and satisfaction) pada siswa kelas X.3 semester Genap 2011-2012 di MAN 2. Kelas dapat memenuhi kecakapan social (social skill). Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan social dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4600
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository