• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS V SDN SEMBORO 01 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Anis Surahyuni.pdf (195.5Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    ANIS SURAHYUNI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS bagi siswa adalah pembelajaran yang membosankan. Pembelajaran IPS selama ini hanya bersifat Teacher Centered dengan pusat pembelajaran adalah guru. Siswa pada pembelajaran sebagai objek penerima informasi dari guru. Siswa selama pembelajaran bosan dan tidak terfokus pada pembalajaran. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji: (1) Peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode STAD pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah kelas V Semester Genap di SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. (2) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode STAD pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah kelas V Semester Genap di SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 25 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 1 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan aktivitas guru pada setiap siklusnya. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek memperhatikan pelajaran, bertanya, diskusi dalam kelompok, memecahkan soal saat diskusi dan semangat dalam pembelajaran. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik, pada siklus II meningkat pada kategori sangat baik. Hasil tes tulis berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I persentase klasikal sebesar 44% naik 20% dari praiklus dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal naik sebesar 44% menjadi 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada materi perjuangan bangsa indonesia melawan penjajah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode STAD.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4548
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository