• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS III SDN SEMPUSARI 1 JEMBER 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Ammar Ma'ruf.pdf (225.6Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Ammar Ma’ruf
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam penelitian ini dilakukan tiga penilaian yaitu aktivitas guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan penerapan metode penemuan (discovery). Penilaian pertaman pada pembelajaran dengan menggunakan metode (discovery) yaitu aktivitas guru, aktivitas guru pada pembelajaran ini terlihat adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I sudah aktif sedangkan aktivitas guru pada siklus II semakin meningkat dibandingkan pada siklus I dan dikategorikan aktif. Penilaian yang kedua yaitu aktivitas belajar siswa, aktivitas belajar siswa yang dinilai pada penelitian ini yaitu aktivitas bekerjasama, aktivitas melakukan penyelidikan, melakukan percobaan. Penilaian yang ketiga yaitu skor hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada siklus I dan siklus II. Ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 77,35% dan dapat dikatakan tuntas. Pencapain skor belajar siswa pada siklus II semakin meningkat dibandingkan siklus I peningkatan skor belajar siswa mencapai 2,66%. Jadi ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II mencapai 80,01% sebab ketuntasan klasikal yang ditargetkan peneliti adalah 70% dari siswa yang mendapat nilai ≥ 65 (dari nilai 100). Dapat disimpulkan bahawa penelitian dengan menggunakan metode penemuan (discovery) paokok bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas III di SDN Sempusari 1.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4508
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository