• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MENURUT POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Afib Rulyansah.pdf (764.8Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Afib Rulyansah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan problem solving, aktivitas siswa berdasarkan soal dan tahap pemecahan masalah menurut Polya pada siklus I, menunjukkan > 50% siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 26 siswa (60,5%) dengan nilai rata-rata 67,7 dan siswa yang tergolong tidak tuntas berjumlah 17 siswa (39,5%). Siswa kesulitan dalam melaksanakan tahap memahami masalah dan menelaah kembali serta kesulitan dalam mengerjakan soal open ended. Pembelajaran dilanjutkan ke siklus II dengan tujuan memperbaiki kelemahan-kelemahan pada siklus I. Pada siklus II, aktivitas siswa baik berdasarkan soal maupun tahap pemecahan masalah menurut Polya pada siklus II, menunjukkan > 50% siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 37 siswa (86%) dan siswa yang tergolong tidak tuntas berjumlah 6 siswa (14%). Dari hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa ketuntasan secara klasikal yaitu 67% telah tercapai sehingga pelaksanaan penelitian dapat dihentikan dan dapat dikatakan berhasil. Aktivitas siswa meningkat setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran. Lebih dari 50% dinyatakan aktif dan sangat aktif. Selain aktivitas, ketuntasan belajar siswa juga meningkat. Sebelum dilaksanakan tindakan pembelajaran, siswa yang tergolong tuntas hanya 15 siswa (34,9%) dengan nilai rata-rata 55,60 tetapi setelah dilaksanakan pemebelajaran, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 37 siswa (86%) dengan nilai rata-rata 77,7. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa kemampuan siswa kelas VB dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar dan bangun ruang meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4477
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository