PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN DALAM KEMASAN MEREK MINUTE MAID PULPY DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan
Pembelian Minuman Dalam Kemasan Merek Minute Maid Pulpy di Jember”.
Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah tahu
bauran promosi dan pernah membeli minuman Minute Maid Pulpy” di kota
Jember. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah
sampel yang diambil adalah 90 responden. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis regresi berganda.
Adapun variabel bauran promosi yang mempengaruhi keputusan
pembelian minuman merek Minute Maid Pulpy adalah advertising, personal
selling, sales promotion, publicity, internet and direct marketing. Berdasarkan
analisis data secara parsial yaitu advertising mempengaruhi keputusan pembelian
sebesar 0,126, personal selling tidak mempengaruhi keputusan pembelian karena
bernilai negatif sebesar -0,150, sales promotion tidak mempengaruhi keputusan
pembelian karena bernilai negatif sebesar sebesar 0,247, publicity tidak
mempengaruhi keputusan pembelian karena bernilai negatif sebesar sebesar 0,102
, internet and direct marketing tidak mempengaruhi keputusan pembelian
karena bernilai negatif sebesar sebesar -0,072 dan secara simultan pengaruh
variabel promosi mempengaruhi hanya sebesar 11,3% Sedangkan sisanya sebesar
88,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan
dalam model penelitian ini serta variabel bauran promosi yang paling dominan
adalah advertising. Berdasarkan analisis diatas maka perusahaan dapat
meningkatkan strategi bauran promosi agar meningkatkan penjualan minuman
Minute Maid Pulpy.