• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5 E DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII B SMPN 2 JANGKAR SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Arif Prianto - 080210192017_1.pdf (332.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Arif Prianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya fisika, pada hakikatnya merupakan proses dan produk tentang pengkajian gejala alam. Sehingga untuk menguasai Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya fisika tidak cukup hanya diperoleh dengan cara belajar dari buku atau sekedar mendengarkan penjelasan dari pihak lain. Proses untuk menggali atau memahami konsep fisika harus dilakukan untuk menghasilkan suatu produk. Berdasarkan hasil observasi peneliti dalam pelaksanaan pembelajaran dan wawancara dengan guru fisika di kelas VIII B semester 1 SMP Negeri 2 Jangkar tahun ajaran 2012/2013, menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar fisika siswa masih rendah. Berdasarkan hasil observasi awal, aktivitas siswa hanya sebesar 25 %. Selain aktivitas rendah, hasil belajar siswa di kelas VIII B semester 1 SMP Negeri 2 Jangkar juga masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa yang dapat dinyatakan tuntas belajar hanya 33.33% mengingat KKM yang harus ditempuh siswa agar dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran yaitu minimal memperoleh nilai ≥ 70. Rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII B menunjukkan siswa kurang menguasai konsep fisika. Berdasarkan permasalahan di atas, proses pembelajaran perlu diperbaiki dengan penerapan model Siklus Belajar (Learning Cycle ) 5 E dengan authentic assessment yang menempatkan siswa sebagai subjek belajar dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan cara belajar dan mengembangkan daya nalar siswa, pembelajaran tidak hanya berpusat pada vii guru (teacher center) tetapi berpusat pada siswa (student centered), siswa diberi kesempatan untuk belajar secara bebas dalam proses pembelajaran. Metode penelitian meliputi subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 jangkar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Prosentase aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus 1, siklus 2. Analisis data pada siklus 1 menunjukan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa ditunjukkan pada tabel 4.2 mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I dengan kategori tinggi. Dan pada siklus II presentase rata-rata aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan kategori tinggi. Analisis yang kedua yaitu analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang terdiri dari kognif produk, proses, psikomotor dan afektif , didapatkan bahwa rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada tabel 4.4 setelah diberi perlakuan yaitu pada siklus I meningkat dengan Normalized Gain 0.5 (lampiran P.7) dalam kategori rendah. Berdasarkan analisis terhadap hasil nilai hasil belajar siswa didapatkan bahwa pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dengan Normalized Gain 0.66 (lampiran Q.7) dalam kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa yang terjadi dari pra-siklus ke siklus I dengan kategori aktivitas rendah meningkat menjadi kategori tinggi dan pada siklus 1 ke siklus II meningkat dengan kategori tinggi. (2) peningkatan ketuntasan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I dengan Normalized Gain 0.5 dalam kategori rendah. siklus I ke sikus II dengan Normalized Gain 0.66 dalam kategori sedang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4323
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository