• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Fatimah - 080210391001_1.pdf (173.5Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Fatimah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar akuntansi diantaranya yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa berupa kemampuan penalaran. Dilakukannya kegiatan pembelajaran akuntansi yang melatih kemampuan penalaran siswa, dapat membantu siswa untuk mencapai hasil belajar yang baik. Hal ini disebabkan dengan melatih kemampuan penalaran, siswa dapat memahami konsep akuntansi dengan mudah, sehingga ketika dihadapkan pada soal-soal kasus akuntansi mereka bisa mengerjakannya dengan baik. Pihak SMK Negeri 1 Jember terus berupaya untuk menerapkan pembelajaran yang melatih kemampuan penalaran siswa, baik dengan pemberian tugas kepada siswa maupun melalui cara guru menyampaikan materi pelajaran pada siswa. Melalui upaya tersebut diharapkan kemampuan penalaran siswa akan terlatih sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Jember semester gasal tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive yang dilakukan di SMK Negeri 1 Jember, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis inferensial (Persamaan Garis Regresi Linier sederhana, Efektifitas Garis x Regresi, Uji F) dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan menggunakan program SPSS 17,00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Dibuktikan dengan hasil olah data menggunakan uji F menghasilkan Fhitung (173,287) > Ftabel (4,02) dengan tingkat signifikansi 5% dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 76,2% yang berarti bahwa variabel kemampuan penalaran memberikan proporsi sumbangan sebesar 76,2% terhadap hasil belajar akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kemampuan penalaran memberikan kontribusi yang positif terhadap hasil belajar siswa. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang sifatnya meningkatkan kemampuan penalaran hendaknya ditingkatkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4260
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository