PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar akuntansi diantaranya
yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa berupa kemampuan penalaran.
Dilakukannya kegiatan pembelajaran akuntansi yang melatih kemampuan
penalaran siswa, dapat membantu siswa untuk mencapai hasil belajar yang baik.
Hal ini disebabkan dengan melatih kemampuan penalaran, siswa dapat memahami
konsep akuntansi dengan mudah, sehingga ketika dihadapkan pada soal-soal kasus
akuntansi mereka bisa mengerjakannya dengan baik.
Pihak SMK Negeri 1 Jember terus berupaya untuk menerapkan
pembelajaran yang melatih kemampuan penalaran siswa, baik dengan pemberian
tugas kepada siswa maupun melalui cara guru menyampaikan materi pelajaran
pada siswa. Melalui upaya tersebut diharapkan kemampuan penalaran siswa akan
terlatih sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan yang ingin dicapai
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari
kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi
di SMK Negeri 1 Jember semester gasal tahun ajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi
penelitian menggunakan metode purposive yang dilakukan di SMK Negeri 1
Jember, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan random
sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis inferensial (Persamaan Garis Regresi Linier sederhana, Efektifitas Garis
x
Regresi, Uji F) dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan menggunakan
program SPSS 17,00 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Dibuktikan dengan hasil olah data
menggunakan uji F menghasilkan Fhitung (173,287) > Ftabel (4,02) dengan tingkat
signifikansi 5% dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 76,2% yang berarti
bahwa variabel kemampuan penalaran memberikan proporsi sumbangan sebesar
76,2% terhadap hasil belajar akuntansi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kemampuan
penalaran memberikan kontribusi yang positif terhadap hasil belajar siswa. Saran
yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang
sifatnya meningkatkan kemampuan penalaran hendaknya ditingkatkan dalam
rangka meningkatkan hasil belajar siswa.