• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh bahan Ajar Berbasis Konteks Lokal terhadap Hasil Belajar Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasar di Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo Tahun 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Ayu Rinudya - 080210201006 (2)_1.pdf (425.4Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    RINUDYA, Ika Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahan ajar konteks lokal yaitu bahan – bahan atau materi pelajaran yang disusun berdasarkan minat dan kebutuhan warga belajar. Oleh karena itu apakah bahan ajar berbasis konteks lokal ini memiliki pengaruh terhadap hasil belajar yang dikaji dari aspek ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik.. Tujuan penelitian ini di bagi menjadi 2 yaitu tujuan umum adalah untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis konteks lokal terhadap hasil belajar keaksaraan fungsional tingkat dasar di Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo tahun 2012. Sedangkan tujuan khususnya yaitu untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis konteks lokal terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik keaksaraan fungsional tingkat dasar di Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo tahun 2012. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini 50 warga belajar yang diambil dengan menggunakan teknik populasi. Penelitian ini dilaksanakan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) IQRO’. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari metode tes, sedangkan untuk data sekundernya diperoleh dari observasi. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Hipotesis Kerja (Ha) “Ha diterima jika F hitung > F , artinya adanya pengaruh bahan ajar berbasis konteks lokal terhadap hasil belajar warga belajar keaksaraan fungsional tingkat dasar 2012”, dan Hipotesis Nol (Ho) “ tidak ada pengaruh tabel bahan ajar berbasis konteks lokal terhadap hasil belajar warga belajar keaksaraan fungsional tingkat dasar 2012”. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji F dengan bantuan komputer yaitu program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) seri 15. Pada hasil belajar Ranah Kognitif, hasil uji F pada tabel 4.5 dengan hasil F 169,939 dan 100,611 dan dengan tingkat signifikan 0,000. Karena tingkat signifikannya 0,000 yang kurang dari 0,05 dapat di simpulkan bahwa bahan ajar berbasis konteks lokal memiliki pengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif pada taraf kepercayaan 95%, berarti hipotesis yang diajukan yaitu bahan ajar berbasis konteks lokal berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif diterima. Sedangkan pada Ranah Afektif, hasil uji F nya yaitu 34,221 dengan tingkat signifikan 0,000. Karena tingkat signifikannya kurang dari 0,05 maka menunjukkan bahwa bahan ajar konteks lokal memiliki pengaruh terhadap hasil belajar afektif pada taraf kepercayaan 95%, berarti hipotesis yang diajukan yaitu bahan ajar berbasis konteks lokal berpengaruh terhadap hasil belajar ranah afektif diterima. Begitu juga dengan Ranah Psikomotorik, hasil uji F hitung nya berjumlah 56,080 dengan tingkat signifikan 0,000. Karena kurang dari 0,05 dapat diketahui bahwa bahan ajar berbasis konteks lokal memiliki pengaruh terhadap hasil belajar psikomotorik dengan taraf kepercayaan 95%, berarti hipotesis yang diajukan yaitu bahan ajar berbasis konteks lokal berpengaruh terhadap hasil belajar psikomotorik diterima. hitung Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara bahan ajar berbasis konteks lokal terhadap hasil belajar keaksaraan fungsional tingkat dasar di Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo tahun 2012.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4230
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository