PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA DALAM METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK BELAJAR PAKET C OLEH MAHASISWA KK-PPL DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Usia Orang Dewasa adalah usia ketika seorang memasuki masa
kecenderungan lemah semangat dalam pendidikan atau pembelajarannya dalam suatu
kelompok belajar. Masa ini sangat membutuhkan penguatan-penguatan psikis melalui
beberapa prinsip-prinsip dalam pengajarannya yakni sebagai fondasi atau dasar-dasar
pemacu dan perangsang minat guna pengembangan motivasi, bahasa, komunikasi,
serta keaktifan melalui latihan-latihan.
Agar pemecahan masalah bahwa tutor dituntut mampu menerapkan prinsipprinsip
Pendidikan
Orang
Dewasa
dapat
tuntas
dan
tidak
salah
arah,
lingkup
masalah
harus
dibatasi
dan
dinyatakan
atau
dirumuskan
dengan
jelas.
Berdasarkan
pernyataan
diatas,
rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan prinsipprinsip
pendidikan orang dewasa dalam program pembelajaran kelompok belajar
paket C Oleh Mahasiswa KK-PPL di SKB Bondowoso Tahun 2011/2012? “.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip
pendidikan orang dewasa dalam program kelompok belajar paket C Oleh Mahasiswa
KK-PPL di SKB Bondowoso. Manfaat penelitian bagi instansi terkait yaitu SKB
Bondowoso, dapat di jadikan salah satu bahan pertimbangan dan evaluasi dari
program pembelajaran di kelompok belajar paket C, dan manfaat bagi peneliti
mampu menambah ilmu pengetahuan dan ketrampilan tentang penelitian atau karya
ilmiah, serta memperoleh berbagai sikap-sikap positif yang dapat dikembangkan dan
diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Serta membawa nama Perguruan Tinggi
pada waktu terjun di masyarakat untuk melaksanakan penelitian.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif karena
bermaksud untuk mengetahui bagaimana tutor atau mahasiswa KK-PPL menerapkan
prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa dalam pembelajaran kelompok belajar paket
C. Daerah atau tempat penelitian ini ditetapkan di kelompok belajar paket C SKB
Bondowoso ditetapkan mengunakan metode porposive sampling area dengan tujuan
untuk menetapkan lokasi yang di anggap pas untuk penelitian.dengan informan kunci
6 tutor atau mahasiswa KK-PPL pendidik kelompok belajar paket C dan informan
pendukung 3 pamong belajar yang berstatus sebagai masing-masing wali kelas di
kelompok belajar paket C SKB Bondowoso.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan.
Informasi yang diperoleh dengan wawancara dengan informan kunci yang di
cocokkan dengan hasil wawancara pada pendukung dan hasil observasi secara
langsung dengan teknik triangulasi atau verifikasi untuk mendapatkan data yang
valid.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip
pendidikan orang dewasa dalam metode pembelajaran kelompok belajar paket C di
SKB Bondowoso Tahun 2011/2012 telah diterapkan oleh tutor atau mahasiswa KKPPL.
Prinsip tersebut meliputi motivasi, komunikasi dua arah, latihan serta belajar
aktif. Dari hasil penelitian yang berjudul Penerapan Prinsip-Prinsip Pendidikan Orang
Dewasa Dalam Metode Pembelajaran Kelompok Belajar Paket C Di Sanggar
Kegiatan Belajar (SKB) Bondowoso Tahun Pelajaran 2011/2012, maka saran yang
dapat peneliti sampaikan kepada tutor atau Mahasiswa KK-PPL hendaknya dapat
menerapkan ilmu yang dimilikinya dengan maksimal yang ada kaitannya dengan
pendidikan orang dewasa, sehingga mampu menciptakan suasana belajar dan diskusi
yang lebih bervariatif sehingga dapat memacu dan menumbuhkan semangat belajar
warga belajar.