• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVD DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN RAMBIPUJI 02 JEMBER SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Atik Nurifatul Ulla - 090210204030_1.pdf (50.59Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Atik Nurifatul Ulla
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di SD dan memiliki objek kajian yang abstrak. Sifat abstrak ini menyebabkan banyak siswa kesulitan dalam memahami materi matematika. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang lebih menyenangkan sehingga siswa semangat dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVD dalam mata pelajaran matematika materi segitiga melalui pendekatan matematika realistik di SDN Rambipuji 02 Jember semester 1 tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVD dalam mata pelajaran matematika materi segitiga melalui pendekatan matematika realistik di SDN Rambipuji 02 Jember semester 1 tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVD SDN Rambipuji 02 Jember sebanyak 39 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik berjalan dengan baik. Persentase aktivitas yang diperoleh dari pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik pada siklus I sebesar 71,1% dengan jumlah siswa dengan kriteria sangat aktif 17 siswa, aktif 3 siswa, cukup aktif 12 siswa, dan kurang aktif siswa 7 dan siklus II sebesar 85,6% dengan jumlah siswa sangat aktif 26 siswa, aktif 4 siswa, cukup aktif 7 siswa, dan kurang aktif 1 siswa, sehingga meningkat sebesar 14,5%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 88,9% dengan jumlah siswa sangat baik 24, baik 9, cukup baik 4, dan kurang baik 1 dan silkus II sebesar 100% dengan jumlah siswa sangat baik 35 siswa, baik 3 siswa, dan cukup 1 siswa, sehingga mengalami peningkatan sebesar 11,1%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik berjalan dengan baik dan membuat siswa menjadi aktif dan paham terhadap konsep materi yang diajarkan. Aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih mudah memahami konsep dari materi yang diajarkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4192
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository