PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MELALUI KEGIATAN MENGAPRESIASI LAGU POPULER ANAK PADA SISWA KELAS V SDN KEMUNINGSARI KIDUL 01 TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Membaca puisi merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus
dikuasai dengan baik oleh siswa sekolah dasar. Kenyataannya, kemampuan membaca
puisi siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 masih rendah, seperti tampak pada
kurangnya pengalaman siswa dalam membacakan puisi, berekspresi dan gerak.
Begitu juga penggunaan nada, intonasi yang datar, kurang bervariasi, sehingga
penjiwaan siswa masih kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan media
pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar, yaitu melalui kegiatan
mengapresiasi lagu populer anak karena syair lagu pada dasarnya sama dengan syair
sebuah puisi, selain itu siswa SD menyukai bernyanyi, sehingga dengan media lagu
siswa dapat termotivasi dalam belajar membaca puisi.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan kegiatan
mengapresiasi lagu populer anak dalam pembelajaran membaca puisi untuk
meningkatkan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01
Tahun Pelajaran 2012/2013?, dan 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan
apresiasi puisi siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 Tahun Pelajaran
2012/2013 setelah mengikuti kegiatan mengapresiasi lagu populer anak? Tujuan
penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan mengapresiasi
lagu populer anak dalam pembelajaran membaca puisi untuk meningkatkan
kemampuan apresiasi puisi siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 Tahun
Pelajaran 2012/2013, dan 2) untuk meningkatkan kemampuan apresiasi puisi siswa
kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah kegiatan
mengapresiasi lagu populer anak.
Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas di SDN
Kemuningsari Kidul 01. Variabel dalam penelitian ini yaitu Pembelajaran apresiasi
puisi dengan menggunakan lagu populer anak dan kemampuan apresiasi puisi siswa.
Data diperoleh dari siswa dan guru kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran apresiasi puisi melalui apresiasi lagu populer anak siswa
kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 berjalan dengan baik. Guru membimbing siswa
dalam memahami lirik lagu dan meminta siswa menyanyikan lagu “Kasih Ibu” di
depan kelas agar siswa lebih percaya diri dan lebih memahami makna dari lagu
tersebut sebelum melakukan tes unjuk kerja membacakan puisi. Hal tersebut terbukti
dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membacakan puisi. Pada tahap
prasiklus, dari 20 siswa, hanya 8 siswa (40%) yang mencapai ketuntasan hasil
belajar. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar
meningkat menjadi 13 siswa (65%), sedangkan pada siklus II, siswa yang mencapai
ketuntasan hasil belajar sebanyak 17 siswa (85%).
Saran untuk guru, hendaknya menerapkan pembelajaran apresiasi puisi melalui
apresiasi lagu populer anak ataupun media pembelajaran yang lainnya yang dapat
membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa sehingga kemampuan
membacakan puisi dapat meningkat. Saran bagi peneliti lain,diharapkan dapat
menciptakan dan mengembangkan model pembelajaran atau strategi pembelajaran
yang berbeda.