MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS V SDN ARJASA 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Keterampilan menulis sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa,
mempunyai peranan yang penting di dalam kehidupan manusia. Dengan menulis,
seseorang dapat mengungkapkan ide, gagasan dan pesan kepada orang lain dengan
bahasa tulis untuk menyampaikan maksud dan tujuannya.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, rendahnya kemampuan menulis
siswa kelas V di SDN Arjasa 02 Jember disebabkan oleh beberapa faktor,
diantaranya: 1) siswa mengalami kesulitan dalam menemukan dan menuliskan
ide/gagasan dalam menentukan sebuah judul karangan; 2) siswa mengalami kesulitan
dalam mengungkapkan pikiran, perasaan dan gagasan mereka secara tertulis dalam
bentuk karangan; 3) siswa kesulitan dalam menuliskan isi cerita secara runtut; 4)
siswa belum mampu menggunakan kalimat yang padu; dan 5) siswa belum mampu
menggunakan ejaan yang benar. Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat
meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Salah satu upaya
untuk mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan media gambar seri.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah dalam
penelitian ini, yaitu sebagai berikut: (1) bagaimanakah penggunaan media gambar
seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi sugestif siswa kelas
V SDN Arjasa 02 Jember tahun pelajaran 2012/2013? dan (2) bagaimanakah
peningkatan kemampuan menulis karangan narasi sugestif siswa kelas V SDN Arjasa
02 Jember tahun pelajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran dengan
menggunakan media gambar seri?
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan media
gambar seri dalam pembelajaran menulis narasi yang dapat meningkatkan
kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Arjasa 02 tahun pelajaran
2012/2013; dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis siswa kelas V
SDN Arjasa 02 tahun pelajaran 2012/2013 dalam menulis karangan narasi setelah
dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Arjasa 02 Jember kelas V yang
terdiri dari 29 siswa, dengan 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua
siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara , observasi dan
tes.
Kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Arjasa 02
mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan media gambar seri (prasiklus) hanya
terdapat 4 siswa yang mencapai nilai ≥ 62. Setelah diterapkan pembelajaran
menggunakan media gambar seri, pada siklus I terdapat 17 siswa yang mendapat
nilai ≥ 62. Pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I, yang mendapat
nilai ≥ 62 sebanyak 22 siswa. Jadi, sebanyak 22 siswa atau 76 % dari total 29 siswa
kelas V SDN Arjasa 02 sudah mencapai ketuntasan nilai secara klasikal (≥ 70% dari
jumlah siswa).
Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah hendaknya
memberikan fasilitas untuk pengadaan media pembelajaran sehingga dapat
menunjang tercapainya pelaksanaan pembelajaran menulis karangan menjadi lebih
baik dan guru dapat menggunakan gambar seri sebagai alternatif media pembelajaran
yang dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.