• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI SDN BABAKAN 1 LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Alex Setiawan - 090210204074_1.pdf (577.4Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Alex Setiawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Minat besar pengaruhnya terhadap belajar, karena apabila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, maka siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya, karena tidak ada daya tarik baginya. Minat mempengaruhi hasil belajar siswa dan akan membantu siswa untuk mempelajari pelajaran yang diminatinya. Guru perlu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pelajaran yang diajarkan. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas V SDN Babakan 1 Lumajang diketahui pembelajaran IPS yang berlangsung masih belum optimal dilihat dari minat belajar siswa selama proses pembelajaran. Skor rata-rata minat belajar siswa kelas V hanya sebesar 10,19 dan termasuk kategori rendah. Sedangkan nilai ujian tengah semester dari 21 siswa, terdapat 12 siswa yang tuntas dengan persentase 57,14%, dan terdapat 9 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 42,86%, padahal ketuntasan belajar klasikal harus mencapai 75% dari jumlah siswa. Nilai rata-rata kelas yaitu 62,33, sementara nilai yang diharapkan adalah 65 sehingga hasil pembelajaran yang dicapai tidak optimal. Kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran IPS yaitu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran IPS. Permasalahan di dalam proses belajar mengajar tersebut harus segera diatasi. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran IPS yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah peningkatan minat belajar siswa kelas V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ?, dan (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ?, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui penggunaan strategi peta konsep dalam pembelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Babakan 1 Lumajang ? Penelitian ini dilakukan di SDN Babakan 1 Lumajang, Subjek penelitian yaitu kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil analisis dari penggunaan strategi peta konsep yaitu persentase dari minat belajar yang diukur melalui observasi minat belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 68,75%. Pada siklus II penilaian minat belajar melalui observasi minat belajar siswa diperoleh sebesar 77,38%. Berdasarkan persentase minat belajar siswa dari prasiklus, siklus I dan siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 5,06% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,63%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal melalui tes hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 72,67. Pada siklus II diperoleh sebesar 84,48, sehingga mengalami peningkatan hasil belajar dari prasiklus ke siklus I sebesar 10,34 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,81. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 76,19%, pada siklus II sebesar 85,71%, sehingga mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 19,05% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,52%. Diharapkan dari kegiatan penelitian ini, yaitu bagi guru penggunaan strategi peta konsep dapat dijadikan altern
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4167
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository