• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERBASIS INKUIRI PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MAESAN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Vivi Darmayanti - 090210103040_1.pdf (183.6Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Vivi Darmayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku siswa merupakan buku panduan bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran yang memuat materi pelajaran, kegiatan penyelidikan berdasarkan konsep, kegiatan sains, informasi, dan contoh-contoh penerapan sains dalam kehidupan sehari-hari. Buku siswa yang dikembangkan orang lain seringkali tidak cocok untuk semua siswa. Guru dapat memecahkan masalah tersebut dengan cara mengembangkan buku siswa yang disesuaikan dengan karakteristik siswa sebagai sasaran. Pembelajaran IPA terutama Biologi perlu memperhatikan keberadaan siswa yang selalu berinteraksi dengan lingkungan. Hasil interaksi ini akan berpengaruh pada pembentukan konsep-konsep yang berkaitan dengan materi Biologi yang akan diajarkan. Salah satu strategi pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan menumbuh kembangkan sikap ilmiah adalah inkuiri. Strategi pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah untuk menemukan sebuah konsep. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran biologi kelas VII SMP Negeri 1 Maesan Bondowoso banyak siswa yang tidak memiliki buku pelajaran ataupun sumber belajar lainnya. Beberapa siswa ada yang menggunakan buku yang dipinjam dari perpustakaan, namun materi yang terdapat di buku tersebut kurang memenuhi kebutuhan siswa. Guru cenderung menuliskan materinya di papan tulis kemudian menjelaskannya. Siswa cenderung pasif ketika mengikuti kegiatan pembelajaran, hal ini memperlambat kegiatan pembelajaran di kelas. Siswa juga kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam menemukan konsep dengan cara memecahkan masalah yang terjadi di sekitar mereka. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengisian angket Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) oleh siswa terlihat tingkat perhatian siswa terhadap pelajaran biologi terutama pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan tergolong kurang. Ini berdampak pada hasil belajar siswa terutama pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan pada tahun pelajaran 2011/2012 yaitu rata-rata nilai ulangan harian siswa untuk materi pencemaran dan kerusakan lingkungan adalah 68,46 dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70. Siswa yang mendapat nilai > 70 hanya 58,75%. Pengembangan buku siswa berbasis inkuiri bertujuan untuk mengetahui kualitas buku siswa yang dikembangkan dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maesan Bondowoso. Penelitian ini merupakan pelelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. viii Pada penelitian ini juga dibuat buku petunjuk guru sebagai pedoman dalam menggunakan buku siswa dalam kegiatan pembelajaran. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi buku siswa dan buku petunjuk guru, hasil pengisian angket uji keterbacaan dan tingkat kesulitan, hasil belajar siswa berupa nilai pre-test dan post-test serta hasil pengisian angket respon siswa. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data persentase yang kemudian diubah menjadi data kulitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata validasi untuk buku siswa berbasis inkuiri oleh seluruh validator adalah 84,50%, artinya buku siswa yang telah dikembangkan tersebut mencapai kategori sangat valid, sedangkan rata-rata data uji keterbacaan dan tingkat kesulitan yang diperoleh yaitu 81,40%, artinya buku siswa berbasis inkuiri ini mencapai kategori valid, rata-rata penilaian data respon siswa terhadap buku siswa berbasis inkuiri sebesar 83,55% yang berarti sangat valid, serta penggunaan buku siswa berbasis inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari selisih rata-rata nilai pretest dan post-test sebesar 25,90.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4099
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository