PENGARUH LOKASI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MELANJUTKAN STUDI DI PERGURUAN TINGGI (Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Tahun 2012)
Abstract
Lokasi dan brand image yang dimiliki oleh perguruan tinggi akan mampu
mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam melanjutkan studi. Sehingga apabila
dilihat dari sisi mahasiswa, maka akan dapat diketahui bahwa mahasiswa mempunyai
kebutuhan untuk mendapatkan perguruan tinggi yang paling tepat guna melanjutkan
studinya. Untuk mendapatkan pilihan yang paling tepat tersebut, maka akan
melakukan pertimbangan atau sering disebut proses pengambilan keputusan agar
mendapatkan pilihan terbaik dan memperoleh kepuasan setelah menjatuhkan pilihan.
Salah satu yang cukup diminati mahasiswa yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh lokasi dan brand image terhadap keputusan mahasiswa melanjutkan
studi di perguruan tinggi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Jember Tahun 2012. Selain itu juga untuk mengetahui apakah benar variabel brand
image yang memberikan pengaruh terbesar terhadap keputusan mahasiswa
melanjutkan studi di perguruan tinggi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember Tahun 2012.
Lokasi yang diteliti meliputi, potensi lingkungan, akses strategis, lingkungan
yang nyaman, keselamatan terjamin. Brand Image yang diteliti meliputi berkualitas
baik, dapat dipercaya, biaya studi relatif terjangkau, citra baik. Penelitian dilakukan
pada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Metode
penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling area yaitu
menentukan daerah penelitian dengan sengaja. Penentuan responden penelitian
dilakukan dengan teknik Proportional Random sampling. Dengan demikian berarti
sampel yang diambil merupakan mahasiswa di masing-masing prodi berdasarkan sub
vii
sampel, dengan jumlah responden sebanyak 99 mahasiswa. Metode pengumpulan
data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, efektifitas garis regresi, uji F, dan
uji t.
Hasil penelitian membuktikan bahwa lokasi dan brand image mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa melanjutkan studi pada
FKIP Universitas Jember. Hal ini bisa dibuktikan dari Ŷ=1,074 + 0,518X
+ e dengan R
2
(R square) sebesar 0,766 yang berarti bahwa kemampuan variabel
independen lokasi, brand image untuk mejelaskan variasi pada variabel dependen
adalah sebesar 76,6%, selebihnya, yaitu 23,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak
dijelaskan dalam model regresi yang diperoleh. Hasil perhitungan uji F diperoleh
hasil F
hitung
sebesar 157,03 dan F
tabel
sebesar 3,09 dimana F
viii
hitung
> F
dengan taraf
signifikansi 0,000 sehingga semua variabel bebas (Independen), yaitu lokasi , brand
Image secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh nyata terhadap variabel
terikat (dependen), yaitu Keputusan Mahasiswa. Secara parsial (individu) variabel
brand image memiliki proporsi sumbangan terbesar yaitu sebesar 40,97%.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa
lokasi dan brand image berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa melanjutkan
studi di perguruan tinggi pada FKIP Universitas Jember tahun 2012. Variabel brand
image berpengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa melanjutkan studi di
perguruan tinggi pada FKIP Universitas Jember tahun 2012.
Kata Kunci : Lokasi, Brand Image, Keputusan Mahasiswa dalam Melanjutkan Studi