PENGARUH VARIABEL – VARIABEL RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ITALIANO CAFE DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Variabel – variabel Relationship
Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Italiano Café di Jember”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada Italiano Café di
Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Italiano Cafe di Jember.
Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah
responden sebanyak 120 orang. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 3
variabel.Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda
dengan konfirmatori. Analisis linier berganda dengan konfirmatori digunakan untuk
mengkonfirmasikan hubungan variabel indikator dengan variabel laten yang
mempengaruhi loyalitas pelanggan pada Italiano Café di Jember dengan metode
pendugaan. Dalam penelitian ini analisis linier berganda dengan konfirmatori
digunakan untuk mengetahui variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas
pelanggan Italiano Cafe sehingga dapat tetap memilih Italiano Cafe sebagai
pilihan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari 3 variabel yang diteliti.
Dalam hal ini terdapat pengaruh yang signifikan variabel-variabel relationship
marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen relational dan kekeluargaan
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Italiano Cafe di Jember.