• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL SUB POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII D SMP NEGERI 7 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/ 2013

    Thumbnail
    View/Open
    Meri Ismi Susanti - 090210101038_1.pdf (369.9Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    MERI ISMI SUSANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan wawancara pra penelitian dengan guru bidang studi matematika kelas VII D SMP Negeri 7 Jember, terdapat dua permasalahan yang sedang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran matematika di kelas, yaitu guru mengalami kesulitan untuk mengajak siswa agar turut aktif dalam proses pembelajaran dan seringnya siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Hal ini sangat dirasakan guru saat memberikan materi mengenai pokok bahasan segitiga dan segiempat. Salah satu solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi tersebut adalah melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran MMP pada sub pokok bahasan segitiga dan segiempat di kelas VII D SMP Negeri 7 Jember, mengetahui persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sub pokok bahasan segitiga dan segiempat, dan mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran MMP untuk mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal sub pokok bahasan segitiga dan segiempat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 7 Jember yang berjumlah 42 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap dari perencanaan, tindakan, observasi, dan vii refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Pada pembelajaran siklus I diperoleh persentase rata-rata aktivitas guru yang diperoleh sebesar 82,4%, termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 76,4%, termasuk dalam kategori aktif. Setelah dilakukan pembelajaran siklus I, pada tes akhir siklus I diperoleh persentase untuk tiapa jenis kesalahan. Kesalahan penggunaan data sebesar 8,3% yang termasuk dalam kategori rendah, kesalahan teorema sebesar 7,7% yang termasuk dalam kategori rendah, kesalahan teknik sebesar 7,7% yang termasuk dalam kategori rendah, dan kesalahan acak sebesar 26,8% yang termasuk dalam kategori cukup tinggi. Efektivitas model pembelajaran MMP untuk mengatasi kesalahan siswa pada siklus I sebesar 43,3% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Pada pembelajaran siklus II juga diperoleh persentase rata-rata aktivitas guru yang diperoleh sebesar 92,0%, termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 85,8%, termasuk dalam kategori sangat aktif. Setelah dilakukan pembelajaran siklus II, pada tes akhir siklus II diperoleh persentase untuk tiapa jenis kesalahan. Kesalahan penggunaan data sebesar 5,4% yang termasuk dalam kategori rendah, kesalahan teorema sebesar 7,1% yang termasuk dalam kategori rendah, kesalahan teknik sebesar 4,2% yang termasuk dalam kategori rendah, dan kesalahan acak sebesar 11,9% yang termasuk dalam kategori cukup tinggi. Efektivitas model pembelajaran MMP untuk mengatasi kesalahan siswa pada siklus II sebesar 57,0% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MMP dapat meningkatkan aktivitas siswa di dalam proses pembelajaran dan dapat mengatasi kesalahan siswa kelas VII D SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal sub pokok bahasan segitiga dan segiempat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3537
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository