Show simple item record

dc.contributor.authorHosnol Hotimah
dc.date.accessioned2013-12-04T03:08:06Z
dc.date.available2013-12-04T03:08:06Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210101060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3516
dc.description.abstractRealitas di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada permasalahan matematika terutama yang berbentuk soal cerita pada pokok bahasan kubus dan balok seperti menghitung banyaknya kertas pembungkus barang dan volume akuarium. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang memfokuskan kegiatan pembelajaran pada pemahaman bacaan serta menyiapkan perangkat pembelajaran untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam penelitian ini dicoba menggunakan pembelajaran model CIRC yang memfokuskan kegiatannya pada pemahaman bacaan dan penyelesaian permasalahan berbentuk soal cerita dengan tahapan membaca berpasangan, mengidentifikasi masalah, menemukan kata kunci, dan melakukan pemeriksaan pasangan yang hasilnya dituliskan dalam hasil kolaboratif kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada model pembelajaran CIRC pokok bahasan kubus dan balok berupa RPP, LKS, Buku Siswa dan THB serta mengetahui kelayakan dan hasil uji coba perangkat pembelajaran tersebut. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan mengacu pada model Thiagarajan, Semmel and Semmel yang dimulai dengan melakukan analisis awal akhir, telaah karakteristik siswa, merinci konsep yang akan diajarkan, menetapkan tujuan pembelajaran , dan merinci tugas yang akan diberikan. Proses pengembangan perangkat dilanjutkan dengan merancang draf perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi, memilih viii media, melakukan pemilihan format, dan melakukan perancangan awal perangkat pembelajaran. Hasil perancangan pada tahap ini disebut Draft I. Tahap selanjutnya adalah pengembangan yaitu melakukan validasi perangkat oleh para validator serta uji coba perangkat pembelajaran di lapangan. Validasi perangkat dilakukan oleh tiga validator yaitu dua orang dosen pendidikan matematika dan seorang guru matematika dari SMP Negeri 7 Jember. Berdasarkan hasil penilaian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut draf II yang layak untuk diujicobakan. Uji coba dilakukan di kelas VIII-B SMP Negeri 7 Jember pada tanggal 27 Agustus - 10 September 2013. Setelah melakukan uji coba lapangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dianalisis untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran tersebut. Perangkat pembelajaran yang telah memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran selanjutnya disebut Draft III (perangkat final). Hasil analisis validasi ahli dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang berorientasi pada model pembelajaran CIRC telah memenuhi kriteria kelayakan perangkat pembelajaran yaitu kriteria kevalidan karena koefisien validitas RPP, LKS, Buku siswa, dan Tes Hasil Belajar berturut-turut adalah 0,87;0,92;0,85;0,87. Perangkat tersebut dikatakan valid karena koefisien validitasnya lebih dari 0,60. Memenuhi Kriteria kepraktisan karena rata-rata pengelolaan pembelajaran oleh guru adalah 83,83%. Memenuhi kriteria keefektifan karena rata-rata persentase aktivitas dalam tiga kali pertemuan adalah 84,73, lebih dari 85% siswa telah mencapai ketuntasan minimal skor 60 serta lebih dari 80%, siswa memberikan respon positif terhadap komponen yang ditanyakan dalam angket respon siswa. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada model CIRC yang layak dan dapat digunakan oleh guru SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101060;
dc.subjectKubus dan Baloken_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOKen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record