• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PELAYANAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PELAYANAN BALAI PENGOBATAN (BP) UMUM PUSKESMAS PATRANG BALAI PENGOBATAN (BP) UMUM PUSKESMAS PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN 2011

    Thumbnail
    View/Open
    Rhizal Eka Hardian_1.pdf (169.6Kb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Rhizal Eka Hardian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kualitatif dan kuantitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Indeks Kepuasan Masyarakat diperoleh melalui pengukuran terhadap 14 unsur IKM yang meliputi prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan serta keamanan pelayanan. Keempat belas unsur ini adalah unsur yang “relevan”, “valid” dan “reliabel” yang harus ada dalam pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Setiap pelayanan publik wajib melakukan pengukuran IKM secara berkala dan hal ini juga berlaku bagi Puskesmas. Puskesmas Patrang adalah salah satu Puskesmas yang berada di Kabupaten Jember dan memilki wilayah kerja di Kecamatan Patrang. Puskesmas Patrang selama ini belum pernah melaksakan pengukuran IKM. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian mengenai pengukuran IKM pada pelayanan BP Umum dikarenakan unit pelayanan ini adalah unit pelayanan yang banyak dimanfaatkan masyarakat dan terkait adanya penurunan jumlah kunjungan BP Umum selama kurun waktu tahun 2009 sampai tahun 2010. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian adalah pasien BP Umum yang telah mendapatkan pelayanan, sebanyak 150 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei sampai Juni 2011 di unit pelayanan BP Umum Puskesmas Patrang Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa untuk karakteristik responden, sebagian besar umur responden termasuk ke dalam kategori dewasa dini, jenis kelamin mayoritas berjenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan mayoritas SLTA dan pekerjaan sebagian besar berprofesi sebagai wiraswasta atau usahawan. Unsur IKM yang memperoleh nilai tertinggi adalah unsur prosedur pelayanan dan unsur terendah adalah unsur kenyamanan lingkungan. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh nilai sebesar 73,56 yang termasuk kategori baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3321
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2302]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository