PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. IMPERIUM HAPPY PUPPY DI JEMBER
Abstract
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian penjelasan yang
bertujuan menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel
lainnya atau confirmatory research
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji validitas dan reliabilitas
pada konstruk kualitas layanan sebesar 0,718. Kontruk kepuasan pelanggan
sebesar 0,674 dan konstruk loyalitas pelanggan sebesar 0,734 yang artinya semua
variabel secara signifikan berhubungan dan reliabel. Ujiu asumsi SEM yang
terdiri dari uji normalitas, multikolinieritasdan outliers menunjukkan tidak ada
penyimpangan.
Setelah dilakukan analisis SEM yang terdiri dari uji kesesuaian model dan
uji kausalitas maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama terbukti atau
diterima yaitu bahwa ada pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan
PT. Imperium Happy Puppy di Jember dengan arah positif. Hipotesis kedua
terbukti atau diterima yaitu ada pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas
pelanggan PT. Imperium Happy Puppy di Jember. Hipotesis ketiga terbukti atau
diterima yaitu ada pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan PT.
Imperium Happy Puppy di Jember.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan.