• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN JEMBER LOR 04 TAHUN PELAJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (99)_1.pdf (226.6Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    Mokhamad Nurjam’i
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran PKn merupakan suatu kegiatan yang dirancang oleh guru untuk membantu, membimbing, dan memotivasi siswa mempelajari suatu informasi tertentu. Kegiatan yang dirancang oleh guru harus mengindikasikan suatu proses yang telah direncanakan secara masak dan mencakup fakta yang terjadi dalam kehidupan bermasyakat. Sesuai dengan karakternya maka pembelajaran PKn harus memiliki kecenderungan pada pendidikan afektif siswa. Sedangkan tujuan PKn di SD adalah pembentukan jati diri bangsa yang beragam dari segi agama, sosiokultural, bahasa, usia, dan suku bangsa untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, berfikir secara kritis dan rasional, terampil dalam segala bidang, bersikap baik, mampu mengikuti kemajuan teknologi modern serta berkarakter dengan dilandasi oleh Pancasila dan UUD 1945. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam menyampaikan pembelajaran agar essensi dari mata pelajaran PKn dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan bantuan media gambar terhadap: (1) ketuntasan belajar siswa kelas IV SDN Jember Lor 04 pada mata pejaran PKn dengan pokok bahasan globalisasi, (2) peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Jember Lor 04 tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai suatu bentuk dedikasi yang tinggi untuk memperbaiki tingkat prestasi siswa dan sebagai upaya untuk mewujudkan suatu model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus secara berkesinambungan. Pada siklus pertama diterapkan langkah-langkah pelaksanaan instrumen siklus I meliputi (1) Perencanaan (Plan), (2) Pemberian Perlakuan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Berdasarkan hasil post tes pertama ternyata peningkatan prestasi siswa dalam siklus ini masih sangat kecil yaitu 64,28%. Tindakan pada siklus kedua dilakukan setelah adanya refleksi dan analisa data yang telah dihasilkan pada siklus pertama. Langkah-langkah yang dilakukan pada siklus kedua ini sama persis dengan langkah-langkah pelaksanaan siklus pertama, namun ada sedikit perbaikan. Perbaikan itu terletak pada instrument pemberian perlakuan. Dalam instrumen ini, hal-hal yang diperbaiki adalah jumlah gambar yang akan digunakan untuk mempermudah pemahaman siswa dan pemberian rangkuman materi tentang dampak positif dan negatif globalisasi. Tujuan dari penambahan instrumen tersebut adalah untuk lebih meningkatkan hasil prestasi siswa. Hasil evaluasi siswa pada siklus kedua ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan siklus pertama, yaitu sebesar 83,33%. Dua siklus yang dilaksanakan sangat berpengaruh terhadap perubahan prestasi siswa kelas IV SDN Jember Lor 04 pada pelajaran PKn dengan pokok bahasan globalisasi. Hal itu dapat dilihat dengan adanya peningkatan hasil tes dan peningkatan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar. Pada siklus I hasil pre tes sebesar 61,90% dan post tes I sebesar 64,28%. Pada hasil post tes I ini terjadi peningkatan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebesar 2,38% dibandingkan dengan hasil pre tes. Sedangkan pada siklus II hasil post tes jumlah yang mengalami peningkatan prestasi sebesar 83,33%. Prosentase peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus II cukup signifikan yaitu sebesar 19,05% dari jumlah siswa yang mengalami ketuntasan pada siklus I. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif dengan bantuan media gambar dapat menarik minat siswa SDN Jember Lor IV, sehingga mereka mampu mencapai standar ketuntasan minimal dalam mempelajari PKn khususnya pada pokok bahasan Globalisasi, (2) melalui model pembelajaran kooperatif dengan bantuan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SDN Jember Lor 04 dalam mata pelajaran PKn dengan pokok bahasan Globalisasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27232
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository