• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI PEMASARAN RITEL TRADISIONAL DI WILAYAH PERKOTAAN JEMBER (TAHAP II)

    Thumbnail
    View/Open
    Pengesahan(T).pdf (117.0Kb)
    Date
    2013-06-20
    Author
    Didik, Pudjo Musmedi
    Ika, Barokah S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik dan potensi usaha ritel tradisional. mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman usaha ritel tradisional dan menentukan posisi bisnis dan strategi dasar ritel tradisional dengan unit analisis pengusaha/pemilik ritel tradisional. Dalam pengambilan sampel menggunakan metode 2 tahap yaitu Tahap pertama, untuk menentukan wilayah kelurahan/desa menggunakan metode purposive sampling dan tahap kedua, pengambilan sampel dengan teknik Qouta sampling yakni pengambilan sampel pelaku ritel tradisional setiap kecamatan ditentukan sebanyak 40 unit (pelaku ritel tradisional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran ritel ( Retailing Mix ) yang terdiri dari barang dagangan (merchandise), promosi (promotion), fasilitas fisik (physical facility), pelayanan (service) dan wiraniaga (personel) yang dilaksanakan oleh pengusaha ritel tradisional belum mampu menciptakan daya tarik konsumen dan mempengaruhi perilaku konsumen untuk memutuskan belanja di ritel tradisional. Sedangkan bauran ritel harga (price) dan lokasi (location) memiliki keunggulan bersaing jika dibandingkan dengan ritel modern (minimarket). Posisi ritel tradisional di wilayah perkotaan Kabupaten Jember berada pada posisi perusahaan yang mendukung kebijakan strategi defensif (Defensif Strategy) yang merupakan strategi perusahaan yang bertujuan bertahan dalam menghadapi persaingan dari ritel modern (minimarket). Strategi pemasaran yang dipilih untuk mendukung kebijakan strategi defensif (Defensif Strategy) yaitu antara lain : Pemberian harga relatif murah agar konsumen lebih memilih ritel tradisional dalam melakukan pembelian barang, meningkatkan pelayanan yang baik terhadap konsumen agar konsumen merasa lebih nyaman untuk berbelanja di ritel tradisional dan memperbaiki fasilitas fisik toko seperti layout penempatan barang dan tampilan toko/ritel tradisional. Kata kunci : strategi bauran ritel, ritel tradisional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/269
    Collections
    • LRR-Hibah Bersaing [348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository