PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP IMAGE (CITRA) PENUMPANG YANG BERDAMPAK TERHADAP LOYALITAS PENUMPANG PT. KERETA API (PERSERO) DAOP IX JEMBER (SUATU KASUS PADA PEMAKAI JASA ANGKUTAN KERETA API CANTIK, PT. KERETA API (PERSERO) DAOP IX JEMBER)
Abstract
PT. Kereta Api (Persero) Daop IX Jember adalah perusahaan yang bergerak di bidang
transportasi, PT. Kereta Api (Persero) Daop IX Jember harus berupaya sungguh-sungguh
agar tercapai kepuasan pengguna jasa layanan angkutan kereta api sehingga image
penumpang terhadap kereta api akan baik, yang kemudian akan terbentuk adanya
loyalitas penumpang.
Untuk meningkatkan pelayanan transportasi kususnya jurusan Jember ke
Surabaya dan sebaliknya PT. Kereta Api (PERSERO) Daerah Operasi IX Jember
maka tanggal 15 Maret 2006 membuka jalur kereta api dengan klas Eksekutif dan Bisnis
yang selama ini tidak ada yaitu kereta api CANTIK, yang berangkat dari stasiun kereta api
jam 06.00 sampai tujuan Surabaya jam 10.00, sedangkan dari Surabaya jam 16.15 sampai
di Jember jam 20.15.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengumpulkan data dan informasi yang
ingin mengetahui kualitas pelayanan kereta api Cantik PT. Kereta Api (Persero)
Daop IX Jember berpengaruh terhadap image penumpang serta ingin mengetahui
kualitas pelayanan kereta api Cantik PT. Kereta Api (Persero) Daop IX Jember dan
image penumpang kereta api Cantik berpengaruh terhadap loyalitas penumpang serta
menganalisa mengenai pengaruh kualitas pelayanan angkutan kereta api serta image
penumpang terhadap loyalitas penumpang/pelanggan. Atas pertimbangan tujuan
penelitian, maka penelitian ini bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini akan diuji
apakah ada pengaruh antara kualitas pelayanan kereta api Cantik dengan loyalitas
penumpang/pelanggan.