Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe snowball throwing disertai diskusi dalam pembelajaran fisika kelas VII di SMP
Abstract
Tercapainya Hasil belajar yang maksimum tidak terlepas dari peran guru.oleh karena itu,guruu fisika hendaknya dapat menerapkan mode lpembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif
serta merangsang siswa selalu aktif mengajukan pertanyaaan dan mengajarkan kepada siswa untuk menyelidiki suatu masalahan memecahkannya dengan kondisi kelas yang menyenangkan dasar dari pemecahan masalah adalah kemampuan untuk belajar dari situasi proses berfikir dengan kondisi dengan kelas yang menyenangkan dapat dicapai apabila diterapakan model pembelajaran kooperatif.
dalam pembelajaran kooperatif digunakan keterampilan-keterampilan khusus agar dapat bekerja sama didalam kelompoknya seperti,menjadi pendengar yang baik memberikan baik, memberikan penjelasan kepada teman sekelompok dengan baik, siswa diberi lembar kerja. Kegiatan yang berisi pertanyaan atau tugas yang direncanakan untuk diajarkan selama kerja kelompok, tugas anggota kkelompok. Penerapan model koperatif dapat menggunakan suatu tipe pembelajaran yang diselingi dengan permainan sehingga kondisi dalam kelas menyenangkan. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah tipe snowball throwing. Pembelajaran dengan tipe snowball throwing merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa belajar bagaimana bekerja secara individu dan secara kelompok serta menyampaikan idea atau gagasan baik secara lisan maupun dari suatu permasalahan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji perbedaan hasil belajar
siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing disertai diskusi dengan pembelajaran konvesional dalam pembelajaran fisika kelas VII di SMP dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing disertai diskusi dalam pembelajaran fisika kelas VII di SMP. Penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive samplingarea. Penelitian dilaksanakan di SMP negeri 5 candipuro. Responde penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan teknik clister random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pretest and post test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. analisi data dengan menggunakan uji t menunjukkan hasil t tes = 2, 18, sehingga t tes > t tabel-tabel maka hipotesisnihil