• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN AKTIF MODEL CARD SORT PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT UNTUK SISWA KELAS VIIA SEMESTER GENAP DI SMPN 12 JEMBER TAHUN AJARAN 2006/2007

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-diahkusmia-3637-1-gdlhub-g-na_1.pdf (355.5Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Diah Kusmiatin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran aktif model card sort merupakan pembelajaran yang menekankan keaktifan siswa, dimana dalam pembelajaran ini setiap siswa diberi kartu indeks yang berisi informasi tentang materi yang akan dibahas, kemudian siswa mengelompok sesuai dengan kartu indeks yang dimilikinya. Setelah itu siswa mendiskusikan dan mempresentasikan hasil diskusi tentang materi dari kategori kelompoknya. Di sini pendidik lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang belum dimengerti siswa setelah presentasi selesai. Ciri khas dari pembelajaran aktif model card sort ini adalah siswa mencari bahan sendiri atau materi yang sesuai dengan kategori kelompok yang diperolehnya dan siswa mengelompok sesuai kartu indeks yang diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aktif model card sort pada pokok bahasan segiempat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 12 Jember. Pengambilan data melalui tes, observasi dan wawancara, dimulai pada tanggal 05 Mei 2007 sampai dengan tanggal 22 Mei 2007. Dari hasil dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) berdasarkan tanggapan siswa, penerapan pembelajaran aktif model card sort ini baik untuk diterapkan karena pembelajaran ini dapat memotivasi siswa dalam belajar dan siswa bisa mandiri, tidak hanya menerima bahan materi dari gurunya saja; (2) aktivitas siswa pada saat mengikuti Pembelajaran Aktif Model Card Sort pada Pokok Bahasan Segiempat termasuk dalam kategori aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase keaktifan siswa secara klasikal pada tahap I sebesar 71,9 %, tahap II sebesar 72 %, tahap III sebesar 73,8 % dan tahap IV sebesar 71,2 %; (3) pada pembelajaran ini dicapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75,6%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26733
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository