ANALISIS PENGARUH PERILAKU BRAND SWITCHING OLI MESIN SEPEDA MOTOR PADA CUSTOMER (STUDI PADA ANGGOTA CLUB MOTOR DI KABUPATEN JEMBER)
Abstract
Penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Perilaku Brand Switching Oli
Mesin Sepeda Motor Pada Customer (Studi Pada Anggota Club Motor Di
Kabupaten Jember)”. Dalam hal ini objek yang diteliti adalah produk oli mesin
sepeda motor dengan merek Mesran, Evalube, Top One, Castrol, dan Shell.
Tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh langsung variabel Independent
yang terdiri dari pengalaman sebelumnya (Prior Experience), harga (price) dan
media pencarian (media search) terhadap variabel dependent (brand switching),
dan pengaruh tidak langsungnya melalui variabel perantara (ketidakpuasan
pelanggan). Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari respond
atau jawaban atas kuesioner yang diisi oleh responden pada anggota klub motor di
Jember.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan
accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis
yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan tingkat signifikan (α)
sebesar 5%. Dari hasil analisis pengalaman sebelumnya berpengaruh signifikan
terhadap ketidakpuasan pelanggan dan juga berpengaruh secara signifikan
terhadap brand switching, harga berpengaruh secara signifikan terhadap
ketidakpuasan pelanggan dan brand switching, media pencarian berpengaruh
secara signifikan terhadap ketidakpuasan pelanggan dan juga berpengaruh secara
signifikan terhadap brand switching, dan ketidakpuasan pelanggan berpengaruh
secara signifikan terhadap brand switching.