• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MINAT BACA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DI KELOMPOK B4 TAMAN KANAK-KANAK (TK) AL-AMIEN KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (114)FKIP_1.pdf (1.279Mb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Mevi Isnaini Rizkiyana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mengajarkan anak membaca dimulai dari usia dini. Minat membaca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media dapat diartikan bahwa dalam memberikan pendidikan pada anak usia Taman Kanak-kanak dilakukan dalam situasi yang menyenangkan sehingga ia tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran. Artinya metode dan media yang digunakan harus menarik perhatian serta mudah diikuti sehingga anak akan termotivasi untuk belajar membaca. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan minat baca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media di Kelompok B4 TK. Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya Peningkatkan minat baca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media di Kelompok B4 TK. Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian adalah untuk memaparkan kegunaan hasil penelitian yang telah dicapai, baik untuk penelit i, orang tua, TK. Al- Amien dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan diatas yaitu dengan metode deskriptif kualitatif karena penelit ian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatkan minat baca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media dengan jumlah informan kunci 2 guru dengan tekhnik purposive sampling dan informan pendukung yaitu 26 orang tua murid kelompok B4 (Bapak/Ibu) dan kepala TK. Lokasi tempat penelit ian yakni di TK. Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Data primer adalah wawancara dan observasi. Wawancara untuk mengetahui peningkatan minat baca anak melalui metode bercerita dengan membacakan cerita, adanya perpustakaan sekolah dan bermain sambil membaca dan observasi untuk mengetahui perkembangan minat baca anak mela lui metode bercerita dengan menggunakan media gambar, boneka dan media buku. Data sekunder dalam penelit ian ini dokumentasi. Analisis data dalam penelit ian menggunakan triangulasi sumber yakni membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh mela lui waktu dan alat yang berbeda dalam penelit ian kualitatif unt uk mencapai tujuan tentang adanya peningkatkan minat baca anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media di Kelompok B4 TK. Al- Amien. Berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan minat baca anak mela lui metode bercerita dengan menggunakan media di kelompok B4 TK. Al- Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Melalui metode bercerita dengan menggunakan media gambar, boneka dan media buku diketahui adanya peningkatan minat baca anak didik di kelompok B4 TK. Al- Amien. Hal ini terbukti dari anak didik dapat mengingat pesan cerita melalui media gambar misal saat anak dapat menceritakan kembali isi cerita tersebut, melalui media boneka anak didik terbukti dapat lebih mengingat peran dari tokoh-tokoh dalam cerita, dan melalui media buku anak didik dapat membaca buku cerita bergambar sederhana. Saran yang penelit i dapat berikan adalah diharapkan hasil penelitian ini sebagai saran untuk guru memiliki kemampuan menggunakan media gambar, boneka, dan buku dalam peningkatan minat baca anak didik di TK.AL-AMIEN, Kepala sekolah hendaknya melakukan suatu pemantauan dan pengawasan baik anak didik maupun guru secara rutin dan terjadwal. Untuk orang tua agar meningkatkan kepedulian dan dukungan terhadap program TK.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26437
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository