PENGARUH PEMBINAAN GURU DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN INTERVENING KEPUASAN ATAS KUALITAS HIDUP DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SMP KECAMATAN SILO JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembinaan guru dan
kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan atas kualitas hidup guru di
SMP Kecamatan Silo Jember, untuk menganalisis pengaruh pembinaan dan
kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi di SMP
Kecamatan Silo Jember, untuk menganalisis pengaruh pembinaan dan
kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan atas kualitas hidup guru di
SMP Kecamatan Silo Jember dan untuk menganalisis pengaruh kepuasan atas
kualitas hidup dan komitmen organisasi guru terhadap kinerja guru SMP di
Kecamatan Silo Jember. Penelitian ini termasuk dalam penelitian penjelasan
(explanatory research). Populasi ini adalah seluruh guru SMP di Kecamatan Silo
berjumlah 100 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan sensus. Metode
analisis data menggunakan structural equation model (SEM). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembinaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan atas
kualitas hidup guru di SMP Kecamatan Silo Jember. Kepemimpinan
transformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan atas kualitas
hidup guru SMP di Kecamatan Silo Jember. Pembinaan berpengaruh signifikan
terhadap komitmen organisasi guru SMP di Kecamatan Silo Jember.
Kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen
organisasi guru SMP di Kecamatan Silo Jember. Pembinaan guru berpengaruh
signifikan terhadap kinerja guru SMP di Kecamatan Silo Jember. Kepemimpinan
transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMP kecamatan
Silo Jember. Komitmen organisasi guru tidak berpengaruh signifikan terhadap
kinerja guru SMP di Kecamatan Silo Jember. Kepuasan atas kualitas hidup
berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMP di Kecamatan Silo Jember.
Collections
- MT-Science of Economic [204]