ANALISIS PENGARUH MEDIA IKLAN TELEVISI SWASTA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN DETERJEN MEREK RINSO ANTI NODA PADA MASYARAKAT KOTA JEMBER
Abstract
Iklan merupakan salah satu instrumen pemasaran modern yang aktivitasnya
didasarkan pada konsep komunikasi. Komunikasi pemasaran memegang peranan
yang sangat penting bagi produsen.Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis dan mengetahui pengaruh isi, struktur, sumber dan format iklan
terhadap keputusanpembeliandan kepuasan konsumen deterjen merek RinsoAnti
Noda pada konsumen di kota Jember.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat kota Jember yang
pernah memakai deterjen merek Rinso di kawasan kota Jember.Metode
pengambilan sampel adalah metode purposive sampling. Jumlah sampel adalah 90
orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada pengaruh signifikan isi iklan
terhadap keputusan pembelian deterjen merek Rinso Anti Noda pada konsumen di
kota Jember; (2) ada pengaruh signifikan struktur iklan terhadap keputusan
pembelian deterjen merek RinsoAnti Noda pada konsumen di kota Jember; (3)
ada pengaruh signifikan format iklan terhadap keputusan pembelian deterjen
merek RinsoAnti Noda pada konsumen di kota Jember; (4) ada pengaruh
signifikan sumber iklan terhadap keputusan pembelian deterjen merek RinsoAnti
Noda pada konsumen di kota Jember; (5) ada pengaruh signifikan isi iklan
terhadap kepuasan konsumen padadeterjen merek RinsoAnti Noda di kota
Jember; (6) ada pengaruh signifikan struktur iklan terhadap kepuasan konsumen
pada deterjen merek Rinso Anti Noda di kota Jember; (7) ada pengaruh signifikan
format iklan terhadap kepuasan konsumen padadeterjen merek RinsoAnti Noda
di kota Jember; (8) ada pengaruh signifikan sumber iklan terhadap kepuasan
konsumen padadeterjen merek RinsoAnti Noda di kota Jember; (9) ada pengaruh
signifikan keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen padadeterjen merek
RinsoAnti Noda di kota Jember