PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DISERTAI PENILAIAN KINERJA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-A MTS NURUL AMIN JATIROTO
Abstract
Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas
memperhatikan penjelasan guru, mengerjakan soal, bertanya, dan bekerja
kelompok telah mengalami peningkatan dari pra-siklus, siklus I dan siklus II. Dari
hasil analisis diperoleh aktivitas belajar siswa pada pra-siklus sebesar 43,14% dan
mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 76,96% dan pada siklus II menjadi
82,94%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus
ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 23,53% dan pada siklus I ketuntasan
hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 97,06% dan pada siklus II
menjadi 100%.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan
ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II secara
keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas
menunjukkan model model Children Learning in Science disertai penilaian
kinerja dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa
lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.