• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERHITUNG PERKALIAN CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA KALKULATOR EKONOMIS JARI TANGAN (KEJAR) PADA SISWA KELAS IV SDN BULUKANDANG II KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PASURUAN

    Thumbnail
    View/Open
    KUSWANDI-FKIP.pdf (423.9Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    KUSWANDI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan kualitas mutlak diperlukan karena pembelajaran yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia sebagai bangsa berkualitas. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila tujuan dari pembelajaran itu sudah dicapai dan pembelajaran yang berhasil tidak lepas bagaimana cara guru didalam mendesain pembelajaran tersebut sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk ikut terus dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional yang tercantum dalam UU. No. 20 Tahun 2003. Matematika dirancang untuk membangun kemampuan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkungannya. Dalam kurikulum Berbasis Kompetensi untuk pelajaran matematika, tentang perkalian merupakan dasar untuk pemahaman soal-soal matematika kejenjang berikutnya. Motivasi belajar siswa rendah yang ditandai dengan mengerjakan soal sembarangan, ini dibuktikan dari hasil ulangan harian di bawah nilai rata-rata mencapai nilai 6,1 dengan 57,7% di bawah rata-rata. Dengan hafalan saja kurang efektif karena daya tangkap dan daya ingat siswa sangat rendah. Untuk itu agar diperoleh hasil yang maksimal diterapkan media pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan media kejar. Dengan metode demonstrasi dan media kejar siswa dapat termotivasi dalam pembelajaran matematika khususnya perkalian. Untuk itu kita menanamkan konsep perkalian terlebih dahulu agar siswa lebih paham dan mengerti bahwa perkalian adalah “ Penjumlahan berulang ”. Kesulitan belajar yang dialami siswa pada dasarnya suatu gejala yang nampak pada tingkah laku yakni aspek kognitif, afektif, dan psikomotor di dalam proses belajar mengajar. Hal ini terjadi karena kurangnya motivasi siswa terhadap pembelajaran, kurangnya sarana media pembelajaran, keadaan ekonomi siswa sangat rendah sehingga sarana dan prasarana belajar siswa secara individu tidak
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26039
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository